Sabtu, 09 Januari 2016

Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta

Sesekali kalau jalan-jalan ke Pasar Tanah Abang yang jadi pusatnya tekstil di Indonesia,sempatkanlah mampir ke museum tekstil yang berada tak jauh dari pasar tersebut.Dari pasar ini museum tekstil bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki karena letaknya hanya beberapa ratus meter saja dari Pasar Tanah Abang.Museum ini tepatnya berada di Jalan KS Tubun.

Bangunan Museum Tekstil terlihat sangat berbeda dengan bangunan lain yang berada di sekitarnya yang terlihat baru,sehingga akan dengan mudah sekali kita mengenalinya.Bangunan museum ini adalah bangunan tua yang bersejarah,yang dibangun pada era penjajahan Belanda dengan arsitektur khas Eropa yang cantik dan unik.

Museum Tekstil memamerkan aneka jenis tekstil dari berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai cerita dan sejarahnya yang menarik untuk diketahui lebih detail lagi.Tekstil yang dipamerkanpun beragam dari segi bahan,corak,motif dan warnanya,mulai dari kain batik,tenun,songket dan kain khas Indonesia lainnya.

Di Museum Tekstil juga memamerkan dan mengenalkan beberapa hal yang berkaitan dengan dunia tekstil,misalnya adalah peralatan tenun,peralatan membatik,tumbuhan penghasil warna alami untuk tekstil dan lain sebagainya.

Selain memamerkan aneka jenis kain dari berbagai wilayah Indonesia,Museum Tekstil juga mengadakan kursus membatik yang bisa diikuti oleh siapa saja dari berbagai jenjang usia.Kursus tersebut bisa diikuti secara perseorangan atau kelompok.Banyak sekali orang yang mengikuti program kursus ini,bahkan tak jarang peserta dari luar negeri juga mengikutinya.

Kursus membatik yang diselenggarakan di museum ini bisa diikuti dalam jangka waktu sekali atau beberapa kali,sesuai dengan program yang ingin diikuti.Bagi yang hanya ingin mengetahui sekilas tentang cara membatik,lebih baik mengikuti program singkat sekali pertemuan saja.Tapi bagi yang ingin lebih menguasai keterampilan membatik,maka sebaiknya mengikuti program yang lebih lama sehingga akan mengetahui proses membatik dengan lebih baik dan mendetail.

Untuk biaya tiket masuk tak terlalu mahal,sama halnya seperti masuk ke museum-museum lain yang ada di Indonesia.Demikian pula untuk kursus membatik,biaya yang dibutuhkannya tidaklah terlalu mahal,mulai dari puluhan ribu,ratusan ribu hingga jutaan rupiah,sesuai dengan program membatik yang ingin diikuti.