Kamis, 14 Januari 2016

Aku Dan Orang-Orang Yang Pernah Aku Sakiti

Aku Dan Orang-Orang Yang Pernah Aku Sakiti

Sebagai manusia aku juga tak luput dari yang namanya salah dan dosa.Salah dan dosa pada Allah swt,salah dan dosa pada manusia atau makhluk lainnya.Kalau salah dan dosa pada Allah swt mungkin tidak akan terlalu sulit untuk meminta maaf dan ampunannya,karena aku bisa memintanya sepanjang waktu hidupku.Tapi kalau salah dan dosa pada manusia,belum tentu aku bisa meminta maaf setiap waktu.

Aku dan orang-orang yang aku sakiti,itu yangbada di fikiranku.Setelah bertambah usia,aku semakin memikirkannya.Berapa banyak orang yang pernah aku sakiti,seberapa sering aku menyakiti mereka,seberapa berat mereka aku sakiti,dan juga aneka pertanyaan lainnya.Akankah mereka yang pernah aku sakiti itu memaafkanku?.

Sadar atau tidak sadar,sengaja atau tidak sengaja,pasti banyak sekali orang yang pernah aku sakiti.Ada yang sempat bertemu dan meminta maaf padanya,ada yang sulit bertemu karena sudah terpisah dan kehilangan jejak,atau bahkan yang tidak bisa bertemu lagi karena mereka telah pergi untuk selamanya.Bagaimana aku bisa tenang tanpa memikirkannya.

Untuk semua orang yang pernah aku sakiti,apabila dekat dan masih hidup mungkin aku bisa meminta maaf.Tapi bila mereka jauh atau telah meninggal tentu aku susah bahkan tak mumgkin meminta maaf pada mereka.Untuk itulah aku selalu mendoakan mereka semua yang pernah aku sakiti agar mereka dimaafkan oleh Allah swt,juga agar mereka selalu diberi kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Selain mendoa'kan mereka,aku juga suka menyisihkan uang atau harta yang aku punya untuk aku sedekahkan atas nama mereka.Aku berharap mereka semua mendapatkan manfaat dari sedekahku ini,baik sekarang di dunia maupun nanri di akhirat.Untuk semua orang yang pernah aku sakiti,aku mohon maaf.