Kamis, 07 Januari 2016

Pesantren Al Hikmah Benda Sirampog,Bumi Ayu

Pesantren Al Hikmah Benda Sirampog,Bumi Ayu

Pesantren Al Hikmah adalah sebuah pesantren yang terletak di  Desa Benda Kecamatan Sirampog.Kawasan yang ada di sekitar Bumi Ayu yang secara wilayah lebih dekat dengan Purwokerto ini justru masuk Kabupaten Brebes,Propinsi Jawa Tengah.

Semula pesantren yang berada di bawah kaki Gunung Slamet ini hanya terdiri dari satu nama saja,yaitu Pesantren Al Hikmah.Pesantren yang terletak di sebelah barat adalah pesantren putra yang berada dibawah naungan pengasuhan KH Sodik Suhaimi beserta anak-anaknya seperti KH Labib dan anak-anak lainnya,juga menantunya yang bernama KH Adib.

Semula asrama besar putra terletak dekat masjid dan sekolah-sekolah khusus santri putra.Sebagian kecil lainnya ada di asrama yang menyatu dengan rumah KH Sodik Suhaemi.Di asrama yang menyatu dengan rumah KH Sodik Suhaimi ini pula pada tahun 1992 sudah dihuni oleh santri putri yang tinggal di kamar-kamar asrama yang ada di belakang rumah.

Santri putri,pada saat itu ditempatkan di asrama besar putri yang berada di bawah pengasuhan KH Masruri Abdul Mughni.Tak jauh dari asrama putri juga terdapat asrama putra yamg sebagian santrinya adalah santri putra yang bersekolah di sma.

Saat itu sekolah yang ada di Pesantren Al Hikmah adalah mulai dari madrasah ibtidaiyah,madrasah tsanawiyah,madrasah aliyah,sekolah menengah pertama,sekolah menengah atas,sekolah kejuruan teknik,dan sekolah khusus agama yang bernama mualimin dan mualimat.Selain sekolah formal,di pesantren ini ada pesantren khusus yang mengkhususkan pada hafalan Al Qur'an yang memang menjadi cikal bakal pesantren ini.

Seiring bergulirnya waktu,terjadi juga perubahan di Pesantren Al Hikmah ini.Pada saat ini Pesantren Al Hikmah terbagi menjadi dua,yaitu pesantren Al Hikmah 1 dibawah pengasuhan keluarga besar KH Sodik Suhaimi dan Al Hikmah 2 dibawah pengasuhan keluarga besar KH Masruri Abdul Mughni.

Saat ini Pesantren Al Hikmah 1 dan Al Hikmah 2 mengelola pesantren dan sekolah secara terpisah atau secara mandiri di bawah naungan yayasan masing-masing.Selain sekolah-sekolah yang sudah ada sebelumnya,sekarang ini sudah ada sekolah lain yaitu sekolah menengah kejuruan ekonomi,akademi keperawatan dan akademi kebidanan.

Berbagai sarana dan prasana yang mendukung keberadaan pesantren juga selalu berubah dan bertambah,sesuai dengan kebutuhan santri dan juga sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman.