Selasa, 05 Januari 2016

Memanfaatkan Sayuran dan Buah Yang Berlimpah

Memanfaatkan Sayuran Dan Buah Yang Berlimpah

Suatu hari saya pernah membaca berita tentang kelompok petani yang membuang hasil pertanian dan kebun yang ditanamnya karena harganya terlalu murah di pasaran akibat ulah tengkulak nakal.Melihat sayiran dan buah-buahan yang berserakan,rasanya sayang sekali.Kenapa sayuran dan buah-buahan tersebut dibuang?,kenapa sayuran dan buah-buahan tersebut tidak diolah menjadi makanan dalam bentuk yang berbeda?.Padahal kalau diolah menjadi jenis makanan yang berbeda maka akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dan petanipun tak lagi merugi.

Kalau sayuran dan buah-buahan bisa dijadikan makanan olahan dalam bentuk apa saja?,jawabannya banyak sekali.Sekarang ini dipasaran tersedia aneka makanan olahan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan dengan berbagai macam nama,bentuk,macam dan juga rasa.

Berikut aneka olahan dari sayuran dan buah-buahan agar tak lagi terbuang percuma bila terjadi panen raya atau adanya permainan para tengkulak yang menyebabkan harga buah-buahan di pasaran menjadi jatuh.

1.Rempeyek bayam,kangkung,daun singkong dan lain-lain.
2.Kripik buah (nangka,salak,apel,sukun,dll)
3.Tomat rasa kurma
4.Manisan buah (mangga,pala,salak,cerme,dll)
5.Manisan tomat,manisan cabe
6.Minuman sari buah (apel,kelapa,jeruk dll)
7.Sirup buah (jeruk,marquisa,mangga dll)
8.Minuman serbuk instan (jahe,kunyit,temulawak dll)

Demikian beberapa produk olahan dari aneka sayuran dan buah-buahan.Tentu saja bisa juga mengolah aneka sayuran dan buah-buahan dalam bentuk makanan atau minuman lainnya.