Kamis, 14 Januari 2016

Kerja Sama Dan Persaingan Di Tempat Kerja

Kerja Sama Dan Persaingan Di Tempat Kerja

Sudah berulang kali aku berganti pekerjaan,jadi sering kali juga aku pindah tempat kerja.Karena pekerjaan dan jabatannya berbeda,otomatis suasana kerja juga berbeda.Antara satu tempat kerja dengan tempat kerja lainnya telah mengajarkan banyak hal,di antaranya adalah tentang pentingnya kerja sama juga tentang persaingan yang selalu datang bersamaan.

Apapun pekerjaannya,di manapun tempat kerjanya,kerja sama itu mutlak dibutuhkan.Dengan kerja sama banyak hal yang bisa dilakukan dan diselesaikan secara bersama-sama.Dengan kerja sama tentu saja pekerjaan yang beratpun akan menjadi lebih ringan rasanya.Dengan kerja sama yang baik lingkungan kerja menjadi sehat dan nyaman.Hampir semua tempat kerja yang pernah aku masuki selalu saja mengajarkanku tentang manfaat kerja sama tersebut.

Selain pelajaran kerja sama yang begitu indah,ada juga pelajaran lainnya yang aku peroleh,yaitu persaingan.Persaingan adalah hal yang selalu membuat satu sama lain saling berlomba-lomba menjadi yang terbaik.Kalau persaingannya masih dalam kategori sehat buatku tak masalah,bahkan akan menjadi indah karena semua berlomba memberikan yang terbaik untuk menjadi yang terbaik.Tapi kalau persaingannya sudah tidak  sehat,jelas-jelas membuatku gundah gulana.

Beberapa kali ganti pekerjaan dan tempat kerja selalu saja ada orang-orang yang bersaing secara tidak sehat,baik secara langsung maupun tidak langsung.Pesaingan tidak sehat jelas-jelas tidak baik dan merugikan orang-orang yang terlibat di dalamnya,bahkan bisa juga merugikan orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Aku juga pernah terseret dalam arus persaingan tersebut,baik itu persaingan sehat ataupun tak sehat.Untunglah aku tak sempat terseret lebih jauh lagi ke pusaran persaingan tersebut.Semua karena aku disadarkan oleh aneka pengalaman dan pelajaran hidup yang telah aku alami.

Bekerja sama diperlukan karena kerja sama membuat banyak hal  menjadi lebih ringan.Dengan kerja sama tempat kerja akan menjadi nyaman.Bersaing boleh saja asal jangan sampai menghalalkan segala cara,karena itu semua akan mendatangkan aneka masalah.