Sabtu, 23 Januari 2016

Guru Yang Tak Berusaha Jadi PNS Dan Mendapat Sertifikasi

Guru Yang Tak Berusaha Menjadi PNS Dan Mendapat Sertifikasi

Bagi sebagian besar guru di Indonesia pasti ingin sekali menjadi yang namanya pegawai negri sipil atau pns.Selain menjadi pns,hal lain yang  diinginkan adalah mendapat aneka uang tambahan melalui sertifikasi.Pns dan sertifikasi,itulah dua hal yang diinginkan dan dikejar-kejar oleh para guru sekarang ini.Sedikit-sedikit saya juga ada pikiran seperti itu,namun hanya sebentar saja keinginan itu lalu saya buang jauh-jauh.

Menjadi guru honorer itu gajinya sedikit,kecuali guru honorer yang ngajarnya di sekolah yang elit.Jadi mau tidak mau banyak guru honorer  yang mengharapkan untuk menjadi pns.Tapi tidak semua guru bisa menjadi pns,dan tidak semua guru bisa mendapat seetifikasi,semua karena memang kuota pns dan sertifikasi untuk para guru itu terbatas.Jadi maunya saya lebih bai jadi guru sambil berwirausaha saja,biar bisa dapat uang tambahan dari tempat yang berbeda.

Berbeda dengan yang lain yang berusaha dengan aneka cara untuk menjadi pns,tidak demikian halnya dengan saya.Saya justru tak pernah sekalipun berusaha untuk jadi pns.Jangankan mau berusaha untuk menjadi pns atau berusaha mendapat sertifikasi,mengurus tanda nomer pegawai tenaga kependidikan saja saya itu tidak mau.

Suatu hari ada orang yang menawarkan pada saya untuk jadi pns dengan cara yang cukup mudah.Tanpa tes dan tak perlu uang.Tapi setelah dikir-pikir akhirnya dengan tegas saya menolaknya.Sok idealis banget ya saya ini.He he,bukan apa-apa,saya juga butuh uang tapi saya tetap tak ingin mengambil hak orang lain yang lebih berhak menjadi pns.Entah itu orang yang lebih lama mengajar,lebih pintar,lebih rajin,lebih jujur,atau lainnya,pokoknya orang yang lebih berhak menjadi pns dibandingkan saya.

Untuk sertifikasi saya juga pernah ingin dibantu oleh orang yang dikenal baik oleh saya.Tapi lagi-lagi saya kembali menolaknya.Biarlah sementara ini saya hanya mengajar tanpa memikirkan sertifikasi.Tak apa-apa jadi guru tanpa sertifikasi,itung-itung latihan ikhlas dan sabar.

Tahun berganti dan saya tetap sebagai guru honorer dengan gaji pas-pasan.Menyesal?,tidak juga.Menyesal paling kalau pas saya sedang tidak punya uang sama sekali.Di benak saya terbayang kalau saya jadi pns atau punya sertifikasi pasti saya tak akan kekurangan uang lagi.Tapi  itu cuma sementara saja.Setelah saya punya uang lagi,penyesalan itu juga segera pergi.

Jadi guru tak harus jasi pns dan mendapat sertifikasi.Saya justru ingin mendapatkan uang lebih dari berwirausaha.Semoga pada akhirnyan nanti semua keinginan saya ini bisa terwujud nyata.Jadi guru sekaligus wirausahawan,itu yang saya cita-citakan.