Rabu, 20 Januari 2016

Guru Yang Kelihatannya Sombong

Guru Yang Kelihatannya Sombong

Saya itu aslinya guru yang baik hati dan tidak sombong,tapi entah mengapa banyak murid,orangtua murid atau orang lain yang bilang kalau saya ini sombong.Salah besar.Saya ini tidak sombong melainkan orang yang baik hati (he he,gini deh kalau guru gak tahu diri,kerjaannya muji diri sendiri melulu).Sebagai guru saya memang kelihatannya sombong,padahal aslinya baik hati dan suka menolong.

Banyak hal yang membuat orang lain mengatakan jika saya ini  sombong.Pertama mungkin karena muka saya yang cakep (seperti biasa kalau cakep cuma pengakuan sepihak saja), dan kelihatan dingin tanpa ekspresi.Kalau sama orang yang belum kenal baik,saya memang tak bisa akrab dengan cepat,kecuali orang tersebut orang supel yang mau membuka diri.Kalau yang sudah tahu saya pasti akan mengatakan kalau saya bukanlah orang yang sombong,karena memang tak ada yang bisa disombongkan.

Kedua,mungkin karena saya suka pamer kemampuan yang saya miliki pada murid-murid.Padahal niatnya adalah mendorong supaya mereka tertarik untuk mengikuti jejak saya,yaitu belajar dan banyak belajar agar punya banyak keahlian.Kalau yang memandangnya dari sisi positif,mereka akan tertarik dan tak sedikit yang mengikuti jejak saya.Bahkan tak jarang ada yang mau belajar pada saya.Tapi kalau yang melihatnya dari segi negatif,mereka pasti akan mencap saya sebagai orang yang sombong.

Ketiga,biasanya bukan berasal dari saya sendiri,tetapi berasal dari orang yang bersangkutan yang suka mengatakan saya adalah orang yang sombong.Mau seperti apapun saya berkata dan berbuat,orang-orang seperti ini pasti akan mencap saya sebagai orang yang sombong,karena memang kerjaannya cuma menilai orang.

Suatu saat pernah ada beberapa murid yang bertanya tentang saya ke murid yang kebetulan orangtuanya agak dekat dengan saya.Pertanyaanya adalah apakah saya orang yang sombong atau tidak?.Karena dia tahu saya dengan baik maka dengan tegas dia menjawab kalau saya itu baik dan tidak sombong.Ya,saya bukan orang yang sombong karena kesombongan adalah hal yang dibenci oleh Allah swt.

Jadi guru itu memang harus baik dan tidak boleh sombong.He he,ya iyalah,masa iya jadi guru kok sombong,apalagi guru kere seperti saya.Apa yang harus disombongkan?.