Selasa, 26 Januari 2016

Belajar Banyak Hal Dari Para Tukang Ojek

Belajar Banyak Hal Dari Para Tukang Ojek

Tukang ojek,itulah profesi yang beberapa tahun ini begitu akrab dengan saya.Hampir tiap hari saya menggunakan jasa mereka.Maklum saja,sekolah tempat saya mengajar lebih mudah dan lebih cepat dijangkau dengan menggunakan ojek.Oleh karena itulah saya tak bisa dari jauh dari yang namanya ojek dan tukang ojeknya.

Saat menggunakan jasa mereka,biasanya saya diajak mengobrol.Banyak hal yang diobrolkan,mulai dari masalah pekerjaan,rumah tangga,kemasyarakatan,sosial,politik,kriminalitas dan lain sebagainya.Dari sini saya tahu pola pikir,latar belakang,kebiasaan dan kehidupan mereka sehari-hari.Ternyata dengan menggunakan ojek itu banyak hal yang saya dapatkan.

Salah satu hal yang saya dapatkan adalah pelajaran berharga dari apa yang mereka katakan dan lakukan.Kerja keras,ikhlas,sabar,pantang menyerah dan aneka hal positif lainnya.Ternyata ilmu itu sangat luas,dan  salah satu tempat yang bisa aku dapatkan adalah belajar dari apa yang telah mereka lakukan.Benar-benar sebuah pelajaran yang berharga dalam hidup ini.

Dulu saya merasa kurang terus,karena jika dibandingkan teman-teman atau saudara yang lain saya termasuk orang dengan penghasilan pas-pasan.Rasanya hidup ini lebih banyak susah dan sedihnya dibandingkan mudah dan senangnya.Saya sering sekali mengeluh,kurang sabar dan ikhlas,dan sederet perilaku negatif lainnya.Saat itu saya benar-benar termasuk orang yang kurang bersyukur sekali.

Tapi setelah bergaul dengan tukang ojek,saya akhirnya tahu betapa saya jauh lebih beruntung dibandingkan mereka.Dari mereka saya belajar banyak hal.Mereka harus berpanas-panasan,terkadang berebut untuk mendapatkan penumpang,kerja dari pagi sampai sore atau bahkan malam,penghasilan belum pasti,dan sederet perjuangan lainnya.Tapi walau demikian mereka menjalaninya dengan begitu sabar,ikhlas,pantang menyerah dan tak mau berputus asa.

Ternyata pelajaran hidup itu banyak sekali datangnya,termasuk dari para tukang ojek tersebut.Belajar makna kehidupan juga tak harus dari orang-orang pintar atau ternama saja,dari merekapun bisa,dari mereka yang terkadang terlupa dari pandangan kita.Belajar banyak hal dari para  tukang ojek,itu yang saya lakukan