Jumat, 22 Januari 2016

Suka Bandel Cakep Dan Bolos Tanpa Cela

Suka Bandel Cakep Dan Bolos Tanpa Cela

Kalau saat mengajar ada anak yang bandel itu pasti bikin kesal.Tapi namanya guru ya harus punya jurus urut dada alias sabar.Kalau sudah terlalu baru keluarkan jurus semburan api alias marahi murid yang bersangkutan.Selanjutnya gunakan jurus angin berhembus alias doa supaya murid-muridnya jadi baik dan tidak bandel lagi.Kalau muridnya masih bandel ya balikin saja ke orangtuanya.

Kalau lihat anak-anak yang bandel akhirnya membuat saya jadi ingat waktu saya jadi murid sma dulu.Saat sma sebenarnya saya juga sedikit  bandel,tapi bandelnya bandel cakep alias tak kelihatan oleh orang lain.Bahkan para guru saja mengatakan kalau saya adalah anak yang baik sekali.Padahal sebenarnya saya ini mempunyai sisi bandel yang tak diketahui oleh banyak orang.(He he,akhirnya saya mau buka aib juga nih,aib jaman sma dulu).

Waktu sma dulu saya itu sekolah di sma yang ada di pesantren.Pesantrennya lumayan ketat dengan segala peraturannya yang mengikat.Tapi untunglah,tak pernah sekalipun saya terkena hukuman.Semua karena saya termasuk anak yang rajin mengaji dan rajin melakukan aneka kegiatan pesantren lainnya.

Sebenarnya walau termasuk anak baik,ada satu kenakalan yang saya ingat.Saat itu ketika saya malas ke sekolah saya memilih tidak berangkat.Agar tidak mendapat hukuman dari sekolah dan pesantren,saya mengirim surat yang menjelaskan kalau saya sakit.Karena suratnya harus dicap oleh pengurus pesantren,maka mau tidak mau saya harus putar otak agar saya bisa ijin tapi tidak harus melewati jalan yang berliku seperti teman-teman lainnya.

Untunglah saya mendapat ide cemerlang.Ketika pengurus lengah saya meminjam cap milik pengurus agar saya mempunyai stok kertas bercap untuk ijin bila malas berangkat sekolah.Berhasil.Saya akhirnya mempunyai stok kertas yang sudah dicap pengurus pondok yang saya tempati.Tak tanggung-tanggung,hampir satu buku penuh saya cap semua.Surat saktipun akhirnya saya miliki.

Segalanya berjalan lancar dan mulus.Tak hanya sekali saya ijin alias bolos tanpa cela kalau sedang malas ke sekolah.Dengan persedian kertas bercap yang sakti tersebut saya dengan mudah meyakinkan guru bila saya sedang sakit.Alasannya biasa saja,tidak enak badan.Guru sayapun percaya,maklum saja,saya memang termasuk anak yang baik dan tak pernah berulah.Kalupun berulah ya seperti ini,harus rapi agar saya tak dicap sebagai anak nakal.