Jumat, 08 Januari 2016

Museum Monumen Nasional

Museum Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas sebenarnya tak hanya menawarkan keindahan tugu yang tinggi menjulang dan emasnya saja,tetapi juga ada hal lain yang menarik.Di Monas ini sebenarnya ada juga sebuah museum yang terletak di bawah atau tugu tersebut.

Di museum yang terdapat di bagian bawah monas itu menampilkan aneka diorama atau patung dengan benda-benda lainnya yang menceritakan tentang keberadaan bangsa Indonesia dan masyarakatnya dari waktu ke waktu.Diorama tersebut ditaruh di dalam kotak kaca dengan penjelasannya yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Museum ini sangat cocok sekali sebagai ajang hiburan sekaligus pembelajaran bagi para pelajar atau anak usia sekolah.Di sini mereka  bisa melihat-lihat diorama sambil menulis penjelasan yang ada di depannya,atau juga memotretnya untuk dijadikan sebagai referensi bahan belajar di sekolahnya.

Di bagian awal tersaji diorama yang menjelaskan masyarakat Indonesia pada masa bangsa Indonesia belum mengenal baca tulis atau biasa disebut masa pra sejarah.Di sini tak hanya ditampilkan patung-patung orangya saja,tapi juga aneka benda yang digunakan pada saat itu yang terbilang masih sangat sederhana sekali.

Setelah era pra sejarah,diorama selanjutnya menggambarkan era bangsa Indonesia saat masih dikenal sebagai nusantara,di mana Indonesia saat itu masih terdiri dari kerajaan-kerajaan yang terpisah-pisah satu sama lainnya.Selanjutnya ada diorama yang menjelaskan bangsa Indonesia pada masa penjajahan hingga kemerdekaan.Setelah berkunjung ke museum ini,pasti ada hal baru yang didapat dan bisa dipelajari oleh para pengunjungnya.

Wisata tak selalu hanya untuk bersenang-senang saja,tapi juga bisa untuk mendapatkan manfaat lainnya seperti untuk pembelajaran.Jadi rasanya sayang sekali kalau berkunjung ke Monas tapi tidak menyempatkan diri unruk berkunjung ke museum yang berada tepat di bawah tugu Monas ini.