Senin, 25 Januari 2016

Guru Yang Sering Sakit

Guru Yang Sering Sakit

Jadi guru itu ternyata bukan pekerjaan gampang.Menjadi guru itu benar-benar cukup melelahkan.Kelihatannya tidak membutuhkan banyak tenaga,tapi kenyataannya justru begitu menyita banyak tenaga.Semua mungkin karena ketika mengajar itu banyak menggunakan otak dan harus berhadapan dengan orang banyak.Sekarang ini lelah semakin mudah mendera.Tapi atau karena tenaga saya memang sudah semakin banyak berkurang karena aneka penyakit?.

Setelah dipikir-pikir sepertinya memang karena tenaga saya yang semakin banyak berkurang akibat sakit yang membuat saya merasa lelah ketika mengajar.Buktinya dulu saya mengajar dari pagi sampai malam santai-santai saja.Dulu,terkadang hari Sabtu dan Minggu juga saya mengajar,tapi tidak seperti sekarang yang selalu saja merasa kelelahan walau jam mengajar berkurang.

Sakit.Memang itu yang membuat saya semakin lambat bergerak,sering ijin,harus banyak istirahat dan lain sebagainya.Kalau dihitung-hitung ada belasan penyakit yang menggerogoti tubuh saya ini,mulai dari yang ringan sampai yang berat.Aneka penyakit itu benar-benar telah membuatku bergerak semakin lambat.

Kalau sakit yamg datang musiman seperti flu,pilek,batuk,sariawan,sakit kepala,mungkin yang lain juga mengalaminya.Tapi selain sakit musiman tersebit,saya juga punya riwayat sakit yang menetap di tubuh saya,antara lain magh,rematik,klep jantung ada gangguan,dan yang terparah adalah syaraf kejepit.

Ketika sakit datang adalah benar-benar sesuatu yang tidak diinginkan.Namun apa daya,walau sudah berusaha dengan berbagai cara kalau sudah saatnya sakit ya harus sakit.Saya harus ikhlas dan sabar menerimanya.Mungkin memang saya harus beristirahat dulu.
Guru yang sering sakit,itulah aku.Tapi untunglah bukan sakit hati,sehingga saya masih bisa mengajar dengan baik ketika tak sedang sakit.

He he,sakitnya saya itu menyenangkan untuk sebagian murid loh,karena kalau saya sakit saya ijin tidak mengajar dulu dan mereka bisa bebas berekspresi dan mengerjakan agenda mereka yang begitu banyak.