Rabu, 06 Januari 2016

Kiat Menghilangkan Rasa Minder

Kiat Menghilangkan Rasa Minder

Rasa minder atau biasa juga disebut rasa rendah diri itu merupakan sesuatu yang sangat mengganggu,karena hal ini bisa menghambat seseorang untuk maju dan berprestasi.Rasa minder ini bisa datang dari diri sendiri yang sudah ada sejak saat lahir,atau juga karena pengaruh lingkungan sekitar seperti lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat.

Lalu,apakah rasa minder itu bisa dihilangkan?,jawabannya adalah tentu saja bisa.Kalaupun rasa minder itu tidak bisa hilang sacara total,minimal dapat berkurang secara maksimal hingga membuat seseorang bisa berbuat lebih banyak lagi secara positif untuk kemajuan hidupnya.

Rasa minder bisa hilang dengan berbagai cara dan semua tergantung pada pribadi masing-masing orang yang mengalaminya.Apabila ingin benar-benar menghilangkan rasa minder dalam dirinya,maka tak ada yang tak mungkin untuk menghilangkan rasa minder yang bersarang di jiwa ini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa minder adalah dengan belajar,banyak membaca,dan mau membuka diri terhadap dunia luar.

Belajar tentu saja belajar banyak hal,baik di lembaga pendidikan formal maupun pendidikan non formal.Mengapa dengan belajar?,karena dengan belajar seseorang bisa menjadi pintar,termasuk pintar dalam menghadapi aneka masalah yang dihadapinya.Semakin baik pendidikan seseorang,semakin mudah pula salam menghilangkan rasa minder yang ada pada dirinya.

Banyak membaca akan memperluas wawasan seseorang.Hal ini akan membuka cakrawala seseorang dalam memandang dan menyikapi suatu hal.Wawasan sangat penting dalam pergaulan,terutama saat berbincang atau berhubungan dengan orang-orang tertentu dalam berbagai kesempatan.

Membuka diri pada orang banyak dengan cara bergaul dengan orang dari latar belakang yang berbeda membuat seseorang menjadi terlatih untuk tampil sebagai dirinya sendiri.Dengan membuka diri membuat seseorang semakin mengenali diri dan orang-orang di sekitarnya,baik dari segi karakter,budaya,pandanagan hidup dan lain sebagainya yang bermanfaat dan akan semakin membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.Menutup diri dari dunia luar justru akan semakin membuat seseorang semakin tak bisa keluar dari rasa mindernya.

Kadang tak sedikit orang yang berusaha menghilangkan rasa mindernya dengan cara yang salah.Mereka berusaha menghilangkan rasa mindernya dengan cara menjadi orang lain,berpura-pura atau bahkan menutup-nutupi sesuatu hal yang sebenarnya tak perlu ditutupi.Hal-hal tersebut sebenarnya tak perlu dilakukan,karena hanya akan membuang-buang waktu dengan percuma sementara rasa minder tetap ada.

Jadilah diri sendiri dan rajin-rajinlah instropeksi diri agar semakin tumbuh rasa percaya diri.Tak perlu menjadi orang lain,tak perlu juga hidup dalam kepura-puraan.Gali potensi dan kembangkan terus kemampuan yang dimiliki agar kualitas hidup semakin meningkat.Rasa minder bisa dihilangkan,semua asal ada kemauan dan dilakukan dengan cara yang benar.