Senin, 25 Januari 2016

Hikmah Di Balik Sakit,Bencana Dan Musibah

Hikmah Di Balik Sakit,Bencana Dan Musibah

Sakit,bencana dan musibah atau kejadian yang menyedihkan dan menyengsarakan lainnya,semua itu pasti ada hikmahnya.Hal itu yang sudah saya alami dan saya rasakan.Banyak sekali pelajaran berharga dari apa yang saya alami tersebut.

Sakit,bencana dan musibah atau kejadian yang menyedihkan dan menyengsarakan lainnya,semua pasti terjadi karena memang itu berguna bagi kita.Itu yang saya yakini hingga kini.Semua terjadi karena ada kuasa Allah swt.Semua terjadi pasti demi kebaikan manusia,asal kita mau menghadapinya dengan penuh keikhlasan,kesabaran,dan kepasrahan kepada Sang Pencipta.

Sakit,bencana dan musibah atau kejadian yang menyedihkan dan menyengsarakan lainnya,ada beberapa fungsi dan manfaatnya bagi kita semua.Hikmah kejadian tersebut bagi kita semua adalah :

1.Sebagai cobaan

Bagi orang-orang yang beriman,kejadian tersebut di atas bisa sebagai cobaan.Cobaan biasanya tidak berlangsung terlalu lama.Hal ini untuk membuktikan seberapa besar keimanan seseorang.Setelah dicoba apakah kita semakin sadar atau tidak,atau malah sebaliknya,malah menjauh dari Allah swt.

2.Sebagai ujian

Ujian adalah hal yang mutlak diberikan oleh Allah swt kepada semua hambanya.Apakah dengan ujian yang diberikan tersebut seseorang semakin beriman dan bertaqwa atau tidak.Kalau cobaan terjadi hanya beberapa saat dan tidak terlalu besar,tetapi ujian terjadi dalam waktu yang lama dan terkadang termasuk dalam kadar yang besar.Apabila lulus ujian otomatis derajatnya akan naik.

3.Sebagai peringatan

Peringatan diberikan kepada orang-orang yang hampir melampaui batas dalam berbuat sesuatu di dunia ini.Setelah diberi peringatan apakah seseorang sadar atau tidak,itu tergantung keimanan dan ketaqwaan manusia.Seseorang yang sadar pasti akan menyesali perbuatannya,sementara yang tidak sadar akan tetap melakuan perbuatan yang tidak disukai oleh Alah swt.

4.Sebagai hukuman

Apabila sudah diberi peringatan seseorang tak juga mau berubah dan masih saja melakukan hal terlarang dan tercela,itu tandamya Allah swt marah akan perbuatannya.Allah swt mungkin akan memberikan hukuman secara langsung dengan maksud tertentu.Kalau ujian,cobaan dan peringatan sudah tak mempan,otomatis Allah swt akan memberikan hukuman.Kalau sadar akan hukuman yang diberikan oleh Allah swt,seseorang yang mendapat hukuman pasti akan sadar dan segera bertaubat.Bagi seseorang yang tidak sadar juga,hingga ajal menjelangpun tak akan sadar dan tak mau bertaubat kepada Allah swt.

5.Sebagai rahmat

Apapun bentuknya,semua bisa menjadi rahmat.Seseorang yang dicoba dan diuji,apabila dia ikhlas dan sabar tentu akan mendapat pahala berlimpah dan kebaikan di dunia dan akhirat.Seseorang yang mendapat peringatan atau hukuman apabila dia sadar dan mau bertobat tentu saja Allah swt akan mengampuni segala dosanya di masa lalu.Apapun bentuknya apabila pada akhirnya bisa mendatangkan kebaikan pada seseorang,itulah yang dinamakan rahmat.Kebaikan dan leselamatan dunia akhirat Insya Allah akan didapat.

Lalu,kalau untuk saya sakit,bencana dan musibah atau kejadian yang menyedihkan dan mnyengsarakan lainnya itu sebagai apa?.Saya pikir semua ada pada saya.Semua bisa sebagai cobaan,ujian,peringatan,hukuman dan rahmat.Dan yang paling mendekati apa yang sudah saya lakukan adalah sebagai peringatan,hukuman dan rahmat.Tanpa semua kejadian yang menimpa saya tersebut,mungkin sekarang entah saya ada di mana dan entah sedang berbuat apa.

Kalau untuk orang lain bagaimana?,kalau untuk orang lain saya tak bisa menentukan yang mana yang sedang terjadi.Semua tergantung bagaimana orang yang bersangkutan menjalaninya,bisa jadi sebagai cobaan,ujian,peringatan,hukuman atau rahmat.Dan saya tidak bisa juga tidak berhak untuk menentukan dan menghakiminya.