Jumat, 15 Januari 2016

Musholla Wanita Al Maratussholihah Tuk Karangsuwung

Musholla Wanita Al Maratussholihah Tuk Karangsuwung

Namanya adalah musholla Al Maratussholihah,letaknya berada di Blok Muara Bengkeng,Desa Tuk Karangsuwung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon.Musholla ini didirikan sekitar tahun 1968 dan dikhususkan untuk jamaah wanita.Para jamaah wanita tersebut biasanya banyak yang datang pada saat sholat maghrib dan isya.

Musholla wanita Almaratussholihah ini mengalami beberapa kali pemugaran hingga menjadi seperti sekarang ini.Semua tak lepas dari peran serta masyarakat Desa Tuk Karangsuwung dan sekitarnya,juga termasuk peran K.H.R. Djunaedi dan teman-temannya dari berbagai daerah yang  begitu perduli akan keberadaan tempat ibadah ini.Selain pemugaran,musholla ini juga mengalami perluasan dengan menambah bagian depan musholla yang ditingkat,yang semula adalah halaman.

Selain untuk sholat berjamaah,musholla ini dulunya digunakan juga sebagai tempat untuk belajar mengaji Al Qur'an.Di bawah bimbingan Ibu Ny.Hj. Khuriyah,para murid datang belajar mengaji di musholla ini dari sore hingga malam hari.Mereka terdiri dari murid perempuan dari usia anak-anak hingga lansia.Sementara murid laki-laki hanya terdiri dari anak-anak kecil saja.Namun setelah Ibu Ny.Hj. Khuriyah wafat,pengajian Al Qur'an di sini terhenti.

Bila pengajian Al Qur'an dilakukan setiap hari,maka pengajian majlis taklim yang membahas berbagai macam ilmu agama Islam hanya dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Jum'at.Dulu yang biasa mengisi pengajian di musholla ini adalah K.H. Djunaedi Kalyubi dan Ibu Ny.Hj. Khuriyah.Walau keduanya telah tiada,pengajian majlis taklim di musholla ini masih tetap terselenggara dengan mendatangkan ustadz dan kiai lain.

Kedepannya semoga lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di musholla Al Maratussholihah ini,sehingga musholla ini tetap hidup dengan aneka macam kegiatan keagamaannya.Semoga manfaatnya semakin dapat dirasakan oleh banyak orang,khususnya untuk para wanita.