Jumat, 22 Januari 2016

Jangan Sombong,Ilmupun Bisa Hilang

Jangan Sombong,Ilmupun Bisa Hilang

Ada yang bilang kalau ilmu itu bisa menjaga kita berbeda dengan harta yang harus kita jaga.Ada benarnya,ada juga tidak benarnya.Karena ternyata ilmu itu tak selamanya bisa menjaga kita,karena ilmu juga bisa hilang,dalam waktu lama atau juga dalam waktu cepat.Dan itu banyak terjadi pada banyak orang.

Ilmu adalah ilmu.Ternyata ilmu itu bisa menjaga tapi juga sekaligus harus dijaga.Maka dari itu kita tak perlu menyombongkan ilmu yang kita punya.Ketika Allah menghendaki ilmu kita lepas dari diri kita,secepatnya ilmu yang kita miliki bisa hilang tak bersisa.Apa yang sudah kita usahakan dalam waktu yang lama,akan hilang dengan cepat apabila Allah swt sudah berkehendak.

Tak hanya orang lain yang pernah saya saksikan,yang semula pintar tiba-tiba menjadi tidak pintar karena suatu hal seperti terkena penyakit atau juga karena kecelakaan.Saya sendiri juga pernah mengalami hal serupa.Saat itu saya yang terkena suatu penyakit agak sulit mengingat suatu hal,termasuk ilmu yang telah saya pelajari.Saya harus berfikir keras terlebih dahulu untuk mengingat.Alhamdulillah,hal itu terjadi tidak terlalu lama.

Setelah aneka kejadian yang saya alami dan saya saksikan pada orang lain,saya baru sadar,ternyata ilmu juga harus kita jaga.Menjaga ilmu selain dengan banyak belajar,membaca dan menulis adalah dengan cara menjaga hati dan perbuatan kita.Menjaga hati contohnya dari perilaku yang tak terpuji seperti sombong dan suka membanggakan diri.Menjaga perbuatan kita adalah dengan menjaganya dari perbuatan maksiat atau perbuatan tercela lainnya.

Nasihat untuk diri,jangan sombong karena ilmupun bisa hilang.

Wallahua'lam bisshowab...