Selasa, 12 Januari 2016

Jalan-Jalan Sambil Berbuat Kebaikan

Jalan-Jalan Sambil Berbuat Kebaikan

Senang sekali dengan yang namanya jalan-jalan.Hampir setiap bulan saya meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang begitu saya  sukai ini.Tak perlu jauh,jalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggal juga boleh,yang penting jalan-jalan.Kalau ada waktu dan kesempatan,jalan-jalan yang jauh akan saya lakukan.

Dulu kalau saya jalan-jalan ya hanya jalan-jalan saja.Tak ada nilai lain yang saya dapatkan.Tapi seiring seringnya saya melakukan perjalanan,maka ada hal lain yang saya lakukan yaitu belajar berbuat kebaikan.Tak harus kebaikan yang besar,kebaikan kecil yang bermanfaat untuk orang lainpun tidak apa-apa,yang penting bermanfaat untuk sesama.

Salah satu hal kecil yang saya lakukan adalah suka memberikan kursi untuk orang tua,ibu hamil,orang sakit atau lainnya yang kebetulan tak  mendapatkan kursi saat di angkutan umum,ruang tunggu dan tempat lainnya.Kadang saya juga suka membantu membawakan barang orang yang kelebihan beban barang bawaan,membantu menyeberangkan orang yang kesulitan menyeberang (he he,padahal saya sendiri suka bingung kalau harus menyberang jalan,apalagi kalau jalannya begitu ramai),menunjukkan jalan,dan lain sebagainya.

Selain hal-hal di atas,masih banyak hal lain yang bisa saya lakukan saat sedang jalan-jalan.Misalnya memberikan makan atau mentraktir orang yang kebetulan lapar tapi tak punya uang,mengetikkan sms untuk orang yamg kebetulan hpnya ketinggalan atau pulsanya kehabisan,dan masih banyak hal lainnya.

Ternyata jalan-jalan tak hanya untuk kesenangan,tapi bisa juga untuk sambil belajar berbuat kebaikan.