Senin, 04 Januari 2016

Tip Belajar Bahasa Asing

Tip Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing itu menyenangkan,karena dengan kita belajar bahasa asing berarti kita akan mengenal dunia lebih luas lagi.Bahasa I ggris mungkin adalah bahasa asing yang paling banyak diminati oleh semua orang dari berbagai penjuru dunia.Selain bahasa Inggris,ada juga bahasa asing lainnya yang banyak diminati untuk dipelajari antara lain bahasa Jepang,Arab,Mandarin,Korea,Perancis,Jerman dan lain-lain.

Bagaimanakah caranya belajar bahasa asing agar bisa dengan lebih  mudah dan lebih cepat dikuasai?,tentu saja ada beberapa caranya.Antara satu orang dengan lainnya mungkin akan berbeda-beda caranya.Begitu juga dengan saya.Saya mempumyai cara tersendiri yang membuat saya lebih menikmati belajar bahasa asing.Kebetulan saya mempelajari beberapa bahasa asing sekaligus,yaitu bahasa Inggris,Jepang,Arab dan Cina.

Berikut adalah cara saya yang mungkin bisa bermanfaat untuk para pembaca semua,yang biasa saya sebut dengan sebutan R tips.

1.Rajin membaca

Baca aneka buku percakapan yang lengkap dengan cara membaca dan juga artinya,koran atau majalah berbahasa asing dan lain sebagainya.Bila ada kata-kata yang tak mengerti,segera cari tahu artinya di kamus.

2.Rajin berlatih membaca atau berbicara dengan suara lantang

Sesering mungkin baca atau berbicara dengan suara keras agar mulut terbiasa mengucapkan dan  telinga terbiasa mendengarkan kata-kata dalam bahasa asing tersebut.

3.Rajin berlatih bercakap-cakap

Berlatih bercakap-cakaplah sesering mungkin.Latihan percakapan ini bisa dilakukan sendiri (jangan takut dibilang orang gila ya) atau juga bersama orang lain.Hal ini akan melatih reflek kita ketika harus bercakap-cakap dengan orang lain secara baik.

4.Rajin berlatih menerjemahkan

Sebisa mungkin rajin-rajinlah berlatih menerjemahkan kata,kalimat,paragraf hingga sebuah naskah.Baik itu menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya.

6.Rajin mendengarkan dan melihat tayangan audio visual

Sekarang ini banyak sekali media audio visual,mulai dari radio,tv,video,dan lain sebagainya yang bisa didengarkan atau dilihat,baik yang secara gratis atau berbayar.Semua dapat dengan mudah ditemukan dan tidak membutuhkan biaya yang begitu banyak.

7.Rajin berlatih menulis

Menulis adalah salah satu langkah untuk belajar bahasa asing.Memang banyak orang yang malas menulis,lebih-lebih menulis menggunakan bahasa asing.Tetapi cobalah tuangkan ide kita melalui tulisan,mulai dari menulis kosa kata,kalimat,paragraf hingga kita mampu membuat tulisan yang utuh,baik dengan jumlah kata-kata yang sedikit atau banyak.

8.Rajin memanfaatkan media sosial

Media sosial adalah salah satu alat modern yang manjur dan sangat berguna untuk mempercepat dan memperlancar kita dalam belajar bahasa asing.Kita bisa ikuti situs-situs yang berisi pengajaran dan informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa asing.Media sosial tersebut bisa berupa fb,twitter,path,youtube,blog,instagram dan lain sebagainya.