Selasa, 05 Januari 2016

Kiat Belajar Agar Lebih Pintar

Kiat Belajar Agar Lebih Pintar

Banyak anak yang bertanya,bagaimana sih kiat atau cara belajar agar lebih pintar?.Tentu saja jawabannya banyak sekali.Tiap orang tentu akan mempunyai cara atau kiat yang berbeda agar belajarnya bisa membuatnya pintar,lebih pintar hingga sangat pintar.

Saya sendiri bukan termasuk orang pintar,makanya kiat ini saya ambil dari banyak orang pintar yang saya temui.Saya amati dan kadang langsung bertanya pada mereka.Berikut adalah hasilnya.

1.Belajar secara berkesinambungan

Ya,kalau mau belajar agar lebih pintar ya belajarnya harus secara berkesinambungan alias terus menerus.Orang Arab bilang istiqomah,orang Inggris bilang konsisten.

Belajar terus menerus maksudnya adalah belajar setiap hari,tidak belajar semaunya sendiri.Sekarang belajar,besok tak belajar,minggu ini belajar,mimggu depannya tidak belajar,hal ini akan lama membuat pintar.Lebih-lebih kalau belajar pas ulangan atau ujian saja.Dijamin tidak pintar.

2.Belajar di waktu yang tepat

Belajar di waktu yang tepat ini disesuaikan dengan waktu yang sesuai dengan waktu yang dimiliki,waktu yang tepat untuk belajar.Ada yang memilih waktu setelah pulang sekolah di siang atau sore hari,ada yang memilih waktu malam hari sebelum tidur,ada yang memilih waktu tengah malam setelah tahajud,ada yang memilih waktu setelah subuh karena baru bangun tidur dan masih segar,ada juga yang mengkombinasikan beberapa waktu tersebut.

3.Belajar dengan nyaman

Kenyamanan adalah salah satu hal yang mendukung proses belajar agar bisa lebih pintar.Kenyamanan bisa berkaitan dengan diri,tempat,kondisi juga situasi.Ada yang lebih suka belajar sendiri atau berkelompok.Ada yang suka belajar di kamar,di ruang tamu atau keluarga,di halaman atau di luar ruangan lainnya.Ada yang suka belajar saat ramai,saat sepi atau kapan saja.Ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik atau ada yang justru lebih suka tanpa musik dan hiburan lainnya.Semua disesuaikan dengan pribadi masing-masing.

Kenyamanan ini bisa datang dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.Cobalah belajar beradaptasi sesuai dengan keadaan lingkungan dan ciptakan kenyamanan tersebut agar tidak bergantung pada orang atau lingkungan sekitarnya.

4.Belajar sesuai kemampuan dan keadaan

Kenali potensi diri.Belajarlah sesuai dengan kemampuan dan keadaan yang dimiliki.Bila merasa kurang cepat menangkap pelajaran,sediakan waktu lebih banyak lagi untuk belajar agar hasilnya lebih maksimal.Kalau keadaan tubuh sehat dan bugar manfaatkan dengan belajar secara maksimal.Bila keadaan tubuh kurang sehat jangan dipaksakan juga,karena akan berdampak kurang baik pada tubuh nantinya.

Demikian aneka kiat belajar yang saya peroleh dari orang-orang pintar.Semoga kiat belajar agar lebih pintar ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.