Kamis, 07 Januari 2016

Pengobatan Alergi Hidung

Pengobatan Alergi Hidung

Alergi hidung atau yang lebih dikenal sebagai rhinitis dalam bidang ilmu kesokteran itu me!ang menyebalkan dan menyusahkan.Sedikit-sedikit hidung gatal,bersin-bersin atau malah keluar cairan ingus yang sangat mengganggu.Karena alergi hidung ini tak sedikit orang yang mengalami penurunan kualitas hidup,termasuk saya sendiri contohnya.

Beberapa kali datang ke dokter dan meminum aneka obat yang diberikan tapi alerginya tak juga kabur.Kalau keseringan minum obat,bisa-bisa justru malah timbul penyakit lainnya akibat pengaruh efek samping obat tersebut.Kalau tidak minum obat alerginya sangat mengganggu orang yang mengalaminya dalam melakukan kegiatan sahari-hari.

Beberapa dokter yang saya datangi mengatakan jika alergi ini belum bisa disembuhkan.Paling bisa dicegah atau mengurangi dampak alergi tersebut.Salah satunya ya dengan obat-obatan tersebut.Para dokter yang saya datangi hanya menyarankan untuk menghindari pemicu alerginya saja,agar alergi tidak semakin parah dan mengganggu.

Langkah pertama tentu saja tutup hidung dengan menggunakan masker,terutama di tempat-tempat yang kotor,berdebu dan berbau tajam.Di tempat bersihpun kadang alergi tetap terjadi,misalnya di tempat bersih namun keadaannya sangat dingin atau panas sekali.Ya,selain debu,serbuk,keadaan tempat yang berbau menyengat dan keadaan cuaca juga ternyata mempengaruhi alergi hidung tersebut.

Selain hal-hal di atas,makanan juga ternyata cukup berpengaruh terhadap alergi hidung.Sebisa mungkin makanlah makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh kita semakin baik.Alergi juga tergantung daya tahan tubuh seseorang.Semakin buruk daya tahan tubuhnya maka alergi semakin mudah datang menghampiri.Untuk itu jaga selalu kesehatan tubuh kita.Selain dengan makanan yang bergizi tentu saja satu hal lainnya yang tidak boleh terlupa adalah berolah raga.

Alergi hidung memang belum bisa disembuhkan.Tapi paling tidak kita bisa mencegahnya agar tak mudah datang dan tak mudah bertambah parah.