Jumat, 08 April 2016

Ternyata Menyindir Adalah Perilaku Yang Tak Sehat

Ternyata Menyindir Adalah Perilaku Yang Tak Sehat

Suatu hari,tanpa sengaja saya pernah membaca sebuah artikel psikologi yang membahas tentang menyindir.Ternyata menurut artikel tersebut mengatakan bila perilaku yang suka menyindir adalah perilaku yang tak sehat.Ternyata menyindir adalah termasuk salah satu bentuk perilaku bulliying secara verbal.Lingkungan yang orang-orangnya sering saling menyindir satu sama lain adalah ciri lingkungan yang tak sehat.

Ya Allah,ternyata selama ini saya suka menyindir orang dan tanpa saya sadari saya termasuk dalam kategori orang yang suka menyindir.Tidak terlalu sering,tapi hanya sesekali saya menyindir orang lain.Tapi Alhamdulillah,setelah membaca artikel tentang sindir-menyindir tersebut saya tak lagi suka menyindir.Karena memang dampak menyindir itu akan berakibat kurang baik.Satu orang menyindir maka orang lain akan balik menyindir lagi.Dari sini maka terjadilah saling sindir-menyindir yang kemungkinan besar akan berlangsung lama dan menimbulkan suasana yang tidak nyaman.

Saat ada masalah,sekarang ini saya lebih suka mencoba mengatakannya secara langsung pada orang yang bersangkutan.Kalau tidak maka saya lebih memilih diam.Saya bisa mengatakan apa yang ada di benak saya tentang suatu masalah baik secara lisan atau tertulis.Lebih baik saya katakan langsung apa adanya yang ada dalam benak saya sesuai tujuannya,agar pesan yang saya sampaikan bisa langsung mengena.

Dengan menyindir seringkali apa yang ingin diutarakan tidak sampai pada tujuan dengan berbagai alasan.Misalkan orang yang disindir tidak tahu jika sindiran itu untuknya atau mungkin karena orang yang disindir justru tidak peka atau cuek bebek.Kadang bukannya menyelesaikan masalah,tapi justru menambah masalah,karena mungkin saja ada orang lain yang merasa sindiran tersebut itu adalah untuknya.

Ternyata menyindir itu memang tidak baik.Dengan menyindir seringkali bukannya menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah.Dan tulisan ini bukan untuk menyindir loh ya,kalau tulisan ini menyindir berarti tulisan ini tidak sehat.He he,iya kan?.