Jumat, 08 April 2016

Para Guru Yang Sangat Luar Biasa

Para Guru Yang Sangat Luar Biasa

Orang selalu saja membanggakan kepada siapa kita berguru,sama seperti saya.Ketika saya belajar pada guru atau ulama besar,yang terkenal,sangat pandai dan beragam kelebihan lainnya,senang dan bangganya berkali-kali lipat.Ketika sang guru besar disebut,dengan bangga secara langsung atau tidak langsung menyebut guru tersebut sebagai guru saya.Sementara saya lupa pada guru-guru saya di masa kecil,yang justru begitu besar berjasa pada saya.

Suatu saat saya membaca sebuah buku di mana di buku tersebut dijelaskan tentang akhlaq murid kepada guru dan bagaimana murid seharusnya berlaku pada guru.Setelah membaca buku tersebut saya teringat guru-guru saya yang dulu mengajar saya ketika saya kecil hingga remaja.Mereka bukan guru besar yang sering mengajar di tempat bergengsi,tapi guru-guru yang mengajar di madarasah,musholla,masjid kampung atau rumah mereka sendiri.Ternyata mereka adalah guru yang sangat luar biasa walau oleh orang kebanyakan mungkin dianggap biasa-biasa saja.

Saya teringat guru-guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang dengan tulus mengajar saya hingga saya bisa membaca tulisan latin dan arab.Saya teringat guru-guru sekolah saya lainnya yang membuat saya semakin bisa berbuat lebih banyak dari sekedar menulis dan membaca.Dan guru yang paling saya ingat adalah guru-guru mengaji saya yang mengajar saya dan beberapa teman saya di rumah sang guru sendiri.Karena merekalah saya menjadi lebih banyak tahu ilmu agama yang sangat berguna dalam kehidupan ini,tanpa sedikitpun mereka meminta lebih dari saya dan keluarga saya.

Sebagai rasa terima kasih,suatu saat saya berkunjung ke guru saya yang menurut orang-orang biasa saja tetapi menurut saya sangat luar biasa.Ketika saya berkunjung ke rumahnya,beliau begitu bahagia menerima kedatangan saya dan berterima kasih karena saya masih mau menganggapnya guru walau saya sudah tak lagi belajar padanya.Perkataan dan sikap beliau membuat saya benar-benar terharu.Sampai kapanpun guru tetaplah guru yang telah memberikan aneka ilmu.

Tak banyak yang bisa saya lakukan atau saya berikan untuk sang guru yang telah begitu berjasa dalam me!bimbing saya.Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih banyak padanya,karena jasa beliaulah saya bisa menjadi seperti sekarang ini.Semoga beliau,dan guru-guru lainnya diberi keselamatan dan keberkahan dalam hidup di dunia dan di akhirat nanti.