Jumat, 22 April 2016

Ziarah Ke Makam Sunan Gunung Jati Yang Berkesan

Ziarah Ke Makam Gunung Jati Yang Berkesan

Saat saya anak-anak hingga remaja,terkadang saya suka ikut ayah atau ibu ziarah ke makam-makam para ulama atau waliyullah.Yang terdekat di  makam yang ada di Desa Tuk Karangsuwung,Lemahabang Cirebon,yaitu ke makam Mbah Muqoyim dan Mbah Ardisela yang memang banyak diziarahi oleh para peziarah dari berbagai daerah.Terkadang yang berziarah hanya kami sekeluarga,terkadang bersama tamu,tapi tak  jarang juga bersama para jamaah musholla atau jamaah pengajian.Karena lokasi makamnya ada di dekat tempat tinggal,maka kami sering berziarah ke makam Mbah Muqoyim dan Mbah Ardisela tersebut.

Di lain kesempatan,saat saya masih kecil juga pernah beberapa kali ikut ziarah ke makam Sunan Gunung Jati.Saat kami berziarah ke makam Sunan Gunung Jati,biasanya kami hanya sampai pintu depan saja,sama seperti para peziarah lainnya yang tak bisa masuk ke bagian yang lebih dalam lagi .Saat itu malam jum'at dan makam Sunan Gunung Jati begitu ramai.Ziarah saat itu benar-benar ziarah yang berkesan dan masih saya ingat dengan baik hingga sekarang.

Saat saya sudah menginjak remaja dan mau memasuki usia dewasa,saya kembali diajak oleh ayah dan ibu saya berziarah ke makam Sunan Gunung Jati.Kali ini saya mengikuti acara Bada Kupat atau Gerebek Syawal yang diadakan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon.Kali ini saya berkesempatan ikut sampai ke bagian teratas,yaitu tepat di makam Sunan Gunung Jati dan makam-makam lainnya yang selama ini tak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Ziarah hingga ke puncak Gunung Sembung dan berada di makam Sunan Gunung Jati adalah sebuah pengalaman yang benar-benar sangat berkesan.Saat itu seolah waktu berputar arah dan saya kembali ke masa ratusan tahun lalu.

Saya tepat berada di sisi Makam Sunan Gunung Jati yang selama ini saya ziarahi tapi hanya sampai depan saja.Ziarah ke makam Sunan Gunung Jati hingga atas dan duduk di samping makam Sunan Gunung Jati dan para leluhur Cirebon lainnya adalah pengalaman yang sangat berharga.Saya sangat bersyukur bisa masuk ke tempat tersebut,karena tidak semua orang bisa memasukinya disebabkan  berbagai macam alasan.