Sabtu, 30 April 2016

Menyembunyikan Aib Perbuatan Tercela Tidak Selalu Berarti Munafik

Menyembunyikan Aib Perbuatan Tercela Tidak Selalu Berarti Munafik

Aib karena perbuatan sebetulnya adalah sesuatu yang memalukan dan tidak patut dicontoh atau ditiru oleh siapapaun.Ada orang yang menyembunyikan aibnya dengan sekuat tenaga,tapi ada juga orang yang memperlihatkannya kepada orang lain dengan berbagai alasan.Semua kembali lagi kepada masing-masing orang yang melakukannya,semua tergantung niat di dalam hatinya.

Orang yang menyembunyikan aib akibat perbuatan tercela yang sudah dilakukannya melalukan hal demikian misalnya karena malu pasa orang lain,malu karena memang perbuatan tercela bukanlah suatu hal yang patut diperlihatkan dan lain sebagainya,atau juga karena takut akan merusak citranya,keluarga atau kelompoknya.

Selain karena malu,ada juga orang yang memyembunyikan aib akibat perbuatan tercelanya dikarenakan memang tak ingin ditiru oleh orang lain,karena kalau amal jelek seseorang itu ditiru oleh orang lain,maka yamg bersangkutan akan mendapat dosa juga seperti orang lain yang melakukannya.

Banyak orang yang mengatakan tidak mau sok suci hingga memperlihatkan amal buruknya pada orang lain,bahkan terkadang dengan rasa banggga dan tanpa rasa malu lagi.Mungkin kalau sudah berhenti tidak melakukan perbiatan buruk dan tercela tak mengapa,hal ini agar dijadikan contoh sebagai perbuatan taubat tak.Tapi kalau agar orang lain menriru perbuatan tercelanya,naudzubillah min dzaalik dan semoga ini tidak terjadi pada kita semua.

Jadi apapun alasannya,menyembunyikan aib karena perbuatan tercela itu tak ada salahnya,yang penting tujuannya adalah untuk kebaikan.Baik itu kebaikan untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.Yang terpenting tidak merasa sok suci dan merasa diri baik sementara orang lain buruk dan tercela.Menyembunyikan aib perbuatan tidak selalu dikatakan munafik,selagi tujuannya untuk kebaikan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Saya sendiri termasuk orang yang suka menyembunyikan perbuatan tercela atau memamerkannya?.Kalau saya termasuk orang yang suka menyembunyikan perbuatan tercela saya.Kalau begitu apakah saya termasuk orang yang munafik?.Kalau termasuk orang yang suka berbuat salah dan tercela iya,tapi kalau sebagai orang yang munafik Insyaa Allah tidak.Saya menyembunyikan aib perbuataan tercela saya bukan karena  demi pujian yang ingin saya dapatkan dari orang lain,tapi saya melakukannya karena saya masih punya rasa malu,selain juga karena  tak ingin perbuatan buruk dan tercela saya tersebut ditiru oleh orang lain.