Sabtu, 09 April 2016

Orang Miskin Yang Suka Pamer ( Tanggapan )

Orang Miskin Yang Suka Pamer ( Tanggapan  )

Ada banyak tulisan di blog ini yang cenderung 'pamer' hingga menimbulkan beragam komentar pro dan kontra.Coba saja cek,pasti akan ditemukan beberpa tulisan yang isinya 'pamer' kebaikan.Salah satunya adalah tulisan dengan judul 'Orang Miskin Yang Suka Pamer'. Apakah para pembaca sudah membaca tulisan tersebut?,kalau sudah membaca bagaimana tanggapan anda?.

Beragam tanggapan saya peroleh baik langsung maupun tidak langsung ke penulis (kebetulan kenal),sementara yang melalui blog sampai saat ini belum ada.Apa reaksi anda ketika membaca tulisan dengan judul di atas tersebut?.Apa juga tanggapan anda setelah membaca tulisan sejenis lainnya?.Berikut adalah beberapa reaksi pembaca yang berhasil penulis himpun.

1.Diam dan tidak perduli
2.Mengatakan penulis sombong dan suka riya,atau iri
3.Menyindir dan menyalahkan penulis
4.Marah karena merasa tulisan penulis menyinggungnya
5.Membicarakan penulis (ghibah)
6.Mendoakan penulis agar tidak sombong dan tidak riya lagi
7.Mendoakan penulis agar dirahmati dan amal ibadahnya diterima
8.Mengingatkan penulis agar tidak sombong,tidak suka riya,dan tidak iri
9.Melakukan kebaikan (sedekah) seperti yang ditulis penulis
10.Memuji penulis
11.Menyalahkan teman-teman penulis yang suka pamer
12.Mendiskusikan/berbincang tentang isi dari tulisan penulis
13.Dan lain-lain

Orang memang cenderung reaktif ketika menanggapi sebuah perkataan atau perbuatan orang lain.Begitu juga saat orang menanggapi tulisan dengan judul 'Orang Miskin Yang Suka Pamer' atau tulisan-tulisan lain di dalam blog ini.Ketika menanggapi sebuah persoalan tak hanya akal yang digunakan,tetapi emosi juga sangat berperan.Pikiran positif dan negatif digunakan di dalam akal,sehingga setiap orang memberikan aneka tanggapan yang berbeda.

Lalu,yang manakah tanggapan anda setelah membaca tulisan tersebut?.Apakah tanggapan anda positif ataukah negatif?.Satu atau lebih dari satukah tanggapan anda?.Apakah anda termasuk pembaca yang menggunakan pikiran  positif,negatif atau paduan pikiran positif dan negatif?.Yang manapun tanggapan anda,semoga Allah swt merahmati kita semua.Amin.