Jumat, 08 April 2016

Selalu Ingin Menjadi Yang 'Paling'

Selalu Ingin Menjadi Yang 'Paling'

Suatu hari sekitar tahun 90 an ayah,ibu dan teman ayah yang bernama Mang Nur berbincang di ruang tamu rumah kami.Mang Nur adalah sahabat ayah saya yang sangat baik pada ayah dan keluarga kami.Beliau adalah  seorang pekerja biasa yang sebenarnya ilmu agamanya lumayan dalam.Sebagai orang yang sudah sepuh (anaknya saja seusia ibu saya),Mang Nur sudah pasti banyak makan asam garam kehidupan.

Tanpa sengaja saya mendengar perbincangan mereka,sebuah perbincangan yang sangat menarik dan berisi sebuah pesan yang akan selalu saya ingat.Saat itu Mang Nur berkata bahwa orang di dunia ini banyak yang selalu ingin menjadi orang yang 'paling',paling pintar,paling kaya,paling terhormat,paling terpandang,paling terkenal,paling tampan atau cantik,paling sempurna,dan paling-paling yang lainnya.Sebuah kata-kata yang biasa namun sangat mengena untuk saya.

Ucapan Mang Nur memang benar adanya.Di manapun berada selalu saja ada orang-orang yang selalu ingin menjadi orang yang 'paling'.Saya sendiri juga mungkin termasuk di dalam orang yang ingin menjadi orang yang 'paling' tersebut.Untuk menghilangkan rasa ingin menjadi orang  yang 'paling' bukanlah hal yang mudah,karena itu membutuhkan proses yang lama,bahkan hingga sampai akhir hayat kita.

Ucapan Mang Nur bisa menjadi nasehat yang sangat dahsyat dalam kehidupan yang saya jalani ini.Hingga saat ini nasehat tersebut masih selalu saya ingat.Semoga saja saya tidak termasuk ke dalam orang-orang yang berambisi ingin menjadi orang yang 'paling' tersebut,yang bahkan seringkali menghalalkan segala cara untuk menjadi orang yang 'paling'.