Kamis, 07 April 2016

Ngeblog Jangan Sampai Bikin goblog.

Ngeblog Jangan Sampai Bikin Goblog

Ternyata ngblog itu mengasikkan,bahkan sampai melenakan.Seperti yang sedang saya alami ini,karena asiknya saya menulis sampai-sampai saya lupa akibatnya.Untunglah saya segera sadar,jadi dampak yang lebih fatal bisa dihindari.Maklum saja,saya memposisikan blog saya ini sebagai diary,sementara saya lupa bila diary saya yang sekarang ini adalah diary yang bisa dibaca oleh siapa saja dan dari mana saja.

Kalau dulu ada pepatah mulutmu harimaumu,ternyata sekarang berlaku pepatah blogmu adalah harimaumu.Kalau dulu orangtua suka bilang jagalah lisanmu,sekarang mungkin orangtua akan mengatakan jagalah blogmu.Kalau dulu ada nasehat jagalah perkataanmu,sekarang ada nasehat jagalah tulisan di blogmu.Bukan menjaga karena takut dicurigai,tapi karena dikhawatirkan melukai atau menyakiti perasaan orang lain.Sama seperti lidah,blog juga tak bertulang

Setelah banyak orang yang tersinggung dengan tulisan saya,saya sudah harus lebih berhati-hati karena itu berarti saya sudah menyakiti orang lain.Setelah banyak orang yang bertambah suka ngomongin orang lain setelah membaca blog saya,saya juga harus segera menghentikan beberapa genre tulisan saya.Kalau diteruskan bisa-bisa bertambah pula dosa saya dan juga orang-orang di luar sana.Bahaya!.

Mulai sekarang saya harus hati-hati kalau mau menulis,terutama ketika mengangkat sebuah topik yang menyangkut kejadian yang melibatkan banyak orang.Mulai sekarang saya harus menulis dengan pilihan kata-kata yang pas sekali,agar para pembaca bisa memahami dengan baik.Kalau bisa saya sertakan juga alasan saya saat menulis sebuah tulisan,agar para pembaca yang kadang kenal dengan saya tidak salah faham dan salah sangka dibuatnya.

Niat saya menulis di blog awalnya adalah hanya ingin menyalurkan hasrat menulis saya yang memang sulit untuk dibendung.Niat selanjutnya dalam menulis blog adalah untuk saling berbagi,saling mengingatkan dan untuk ajang silaturohim dengan banyak orang.Niatnya lainnya adalah mau curhat seperti yang dulu sering saya lakukan pada diari saya.Saya berharap atau agar yang salah bisa diperbaiki,bukannya malah menyakiti.Niatnya mau berbagi inspirasi,bukannya malah membuat orang lain menghakimi.

Sekarang saya punya prinsip,ngeblog itu harus membuat orang banyak termasuk saya sendiri menjadi lebih baik dan berguna.Ngeblog agar saya dan banyak orang menjadi lebih pintar.Pokoknya kalau ngeblog jangan sampai bikin goblog.itu yang saya harapkan.