Minggu, 03 April 2016

Guru Culun Yang Tidak Mau Berkonflik

Guru Culun Yang Tidak Mau Berkonflik

Di tempat belajar,bekerja atau tempat lainnya paati ada saja yang namanya masalah hingga tak jarang menimbulkan konflik,sengketa atau permusuhan yang seringkali mengganggu keharmonisan antar teman.Itu juga yang sering saya temui saat saya berinteraksi dengan banyak orang.Berbagai masalah datang dan pergi silih berganti yang menuntut untuk bijak dalam menyikapinya.

Di tempat kerja selalu saja ada masalah,mulai dari kesalahpahaman,masalah kecil yang dibesar-besarkan,adanya persaingan,pertikaian dan lain sebagainya.Alhamdulillah,walau terkadang saya ada di dalam pusarannya juga,saya bisa melewatinya dengan baik tanpa konflik yang berkepanjangan.Semua masalah pasti ada jalan keluarnya,itu yang menjadikan saya selalu ingin menyelesaikan segala masalah dengan baik.

Sebenarnya saya juga bukan orang yang baik-baik amat,tetapi saya  selalu mencoba menjadi orang baik.Dalam bergaul saya selalu mencoba berbuat baik dan tak mau menyusahkan apalagi merugikan orang lain.Dalam bergaul selalu dituntut sabar dan ikhlas,belajar mengerti karakter sendiri dan juga karakter orang lain.Hal ini penting sekali.Saya harus belajar bersimpati dan berempati,bukan antipati.

Ketika saya bertemu dengan orang yang tidak menyenangkan atau menjengkelkan lebih baik saya pergi dan mencoba tak terlalu terlibat dengannya.Kalaupun harus terlibat dengannya sebisa mungkin saya menahan emosi dan bertindak dengan baik dan benar.Orang-orang yang tidak menyenangkan akan selalu  ditemukan di manapun berada,yang penting saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik dalam setiap pergaulan.

Sebagai seorang guru saya juga tidak mau berkonflik dengan orang lain,baik itu dengan murid ataupun dengan teman dan atasan.Sebisa mungkin saya selesaikan masalah yang ada hingga tak berlarut-larut dibuatnya.Pokoknya saya adalah orang yang bertipe 'lu jual gua kagak beli',biar dagangan orang yang nawarin tidak laku dan basi.He he,dari pada bertengkar dan berkelahi,mending saya melakukan kegiatan lain yang baik dan bisa mendatangkan kebaikan untuk saya dan juga orang lain.

Saya adalah tipe orang yang mencari kenyamanan dalam bekerja,oleh karena itu sebisa mungkin saya menghindari konflik yang terlalu jauh dengan orang lain.Konflik itu bisa mengganggu kinerja saya dan membuat saya menjadi tidak betah bekerja,makanya saya harus bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan baik.Saya memang seorang guru culun,guru culun yang tidak mau berkonflik.