Jumat, 08 April 2016

Gagal Tak Berarti Tak Ada Jalan Lain Untuk Sukses

Gagal Tak Berarti Tak Ada Jalan Lain Untuk Sukses

Dulu saya pernah nercita-cita kuliah dan bekerja di luar negri,sehinga saya rajin berusaha dan berdoa agar saya bisa menggapainya.Siang dan malam tiada henti berusaha dan berdoa,agar mimpi yang indah menjadi nyata.Terwujudkah impian saya?,berhasilkah saya menggapai cita-cita yang sekuat tenaga saya perjuangkan?,ternyata jawabannya adalah  tidak!.Semua yang saya lakukan ternyata hanya sia-sia.

Ketika cita-cita tak tercapai,ketika mimpi tak terwujud,pastilah kecewa yang dirasakan.Begitu juga yang saya rasakan saat semua yang saya inginkan tidak tercapai,kecewa.Padahal cita-cita dan juga mimpi saya begitu indah dan bermakna,karena saya ingin mewujudknya bukan hanya untuk saya,tapi juga untuk kedua orangtua,keluarga,dan juga orang banyak.

Saat itu saya merasa Allah swt tak sayang,saya merasa Allah swt begitu kejam pada saya.Mengapa semua yang saya inginkan terasa sulit untuk saya gapai,sementara begitu mudah untuk orang lain.Mengapa yang lain berhasil dengan beberapa langkah sementara saya gagal berkali-kali?.Gagal dan gagal sepertinya menjadi begitu akrab dengan saya dalam mengarungi hidup ini hingga akhirnya membuat saya frustasi.

Kegagalan adalah sukses yang tertunda,begitu kata pepatah.Tapi kalau gagal dan gagal lagi pastilah akan merasa kecewa,muak bahkan bisa mendatangkan rasa putus asa.Tapi lama-lama rasa kecewa itu pada akhirnya justru membuat saya menjadi mau untuk belajar banyak hal,belajar merasa,belajar menjadi kuat dan tak mudah menyerah.Biar saja gagal,biar saja tak berhasil,kalaupun tak sukses yang penting saya tidak menyerah.

Kegagalan demi kegagalan datang dan pergi silih berganti.Ternyata banyak hal yang membuat saya selalu gagal,sifat dan sikap saya dalam menghadapi hidup ini juga turut berperan.Ya,saya yang pembosan,kurang percaya diri,mudah menyerah,dan hal buruk lainnya yang menjadikan saya pecundang.Untunglah semua berlalu pergi pada akhirnya,itu semua terjadi setelah saya memahami diri saya yang sebenarnya.

Kegagalan bukan berarti kiamat,kegagalan bukan berarti tak ada arah atau jalan lain untuk meraih sukses.Sabar,ikhlas,dan mau menerima apa yang sudah Allah swt takdirkan adalah beberapa hal lainnya yang berperan penting dalam kehidupan ini.Gagal dalam satu bidang bukan berarti gagal juga dalam bidang lainnya.Itu juga yang saya rasakan sekarang,walau tak terlalu sukses tapi saya sudah menemukan sedikit kesuksesan saya,walau kesuksesan itu bukan sukses pada bidang yang saya inginkan.