Sabtu, 16 April 2016

Mencari Jejak Prabu Siliwangi (1)

Kota-Kota Di Mana Terdapat Jejak Prabu Siliwangi

Membicarakan nama Prabu Siliwangi alias Raden Pamanah Rasa yang merupakan raja terbesar dalam sejarah Kerajaan Pajajaran me!ang tak ada habisnya,juga tak ada bosannya.Ayah dari Pangeran Walasungsang (Cakrabuana),Nyi Mas Rara Santang dan Raja Sengara (Kian Santang) ini memang selalu saja menarik banyak orang untuk membicarakannya,meneliti jejak keberadaan dan juga jejak kehidupannya,dan juga menuliskan sejarah hidupnya yang penuh teka-teki tersebut.

Sebagai salah seorang pengagumnya,saya juga tak pernah merasa bosan untuk membaca aneka tulisan mengenai Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi tersebut.Dari mulai buku sejarah,blog,majalah,koran dan aneka bacaan lainnya yang mengulas tentang beliau hampir tak pernah saya lewatkan.Prabu Siliwangi benar-benar membuat saya penasaran dengan segala sepak terjang yang dilakukan semasa hidupnya.

Media internet benar-benar menambah kemudahan bagi saya dalam mencari tahu aneka informasi tentang beliau ini.Berbagai informasi saya dapatkan dengan mudah,mulai dari yang bersifata sejarah dan ilmiah,mitos,legenda hingga yang bersofat klenik.

Melalui media internet ini juga lah yang akhirnya mengantarkan saya untuk mendatangi lokasi-lokasi tempat yang dulunya dimungkinkan menjadi tempat tinggal,temmpat bertahta dan juga tempat-tempat lainnya yang menjadi saksi bisu atas keberadaan Prabu Siliwangi semas beliau hidup hingga meninggal dunia.

Kota-kota yang sudah saya datangi antara lain Cirebon,Ciamis,Kuningan,Majalengka,Sumedang,Bogor,Jakarta dan Bekasi.Menyusul nanti yang ingin saya datangi adalah kota-kota yang ada di daerah Banten yang ternyata juga banyak bersinggungan dengan Kerajaan Pajajaran.

Akhir-akhir ini saya sedang gandrung dengan Kota dan Kabupaten Bogor,karena ternyata di kota ini banyak tersimpan benda-benda peninggalan bekas Kerajaan Pajajaran dan juga tempat-tempat yang dulunya diperkirakan sabagai pusat kerajaan,tempat bermain,pemandian,taman,prasasti,pintu masuk kerajaan,benteng kerajaan dan lain sebagainya.

Mencari jejak Prabu Siliwangi dan mencoba memecahkan aneka misteri yang berkaitan dengan Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajarannya,itulah yang sedang saya lakukan.Semoga apa yang saya lakukan sekarang dan nanti ini memberikan kebaikan dan manfaat bagi saya dan juga orang lain.Amin.