Minggu, 10 April 2016

Manfaat Ziarah Yang Begitu Banyak

Manfaat Ziarah Yang Begitu Banyak

Akhir-akhir ini saya sedang senang sekali berziarah.Kalau dulu waktu luang saya lebih banyak saya gunakan untuk jalan-jalan atau traveling,sekarang mulai agak dikurangi dan diganti dengan kegiatan ziarah.Istilah zaman kekiniannya sih wisata ziarah,atau wisata ziarah dan sejarah.

Selain makam orangtua,leluhur dan sanak saudara,sekarang ini saya juga sering mengunjungi makam-makam dari orang yang ditokohkan,berjasa dalam perkembangan ajaran agama Islam atau perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia,atau juga berjasa dalam bidang lainnya yang bermanfaat bagi orang banyak.

Ternyata manfaat berziarah ke makam itu sangat banyak sekali.Berikut adalah beberapa manfaat berziarah menurut saya setelah saya berziarah ke makam-makam para tokoh masyarakat yang berada di kota yang berbeda.

1.Mengingatkan pada kematian

Kalau manfaat yang satu ini pasti semua orang sudah tahu karena memang ada di dalam hadisnya.

2.Tempat Belajar

Banyak sekali pembelajaran yang bisa saya dapati saat berziarah,hal ini karena  kisah dan keteladanan orang yang saya ziarahi belum saya ketahui dan baru diketahui setelah saya berziarah ke makamnya.Ketika saya mengetahui sang tokoh,ternyata banyak pelajaran lainnya yang saya dapatkan,seperti pelajaran sejarah,akhlaq,budaya,bahasa,agama,dan pelajaran lainnya.

3.Meneladani Perilakunya

Seorang tokoh yang saya ziarahi biasanya adalah tokoh yang berjasa bagi banyak orang semasa hidupnya,bagi agama,nusa dan bangsa.Semoga saya bisa meneladani jasa--jasa sang tokoh,meneladani perilakunya.Semoga saya bisa meniru amal baik yang sudah diperbuat oleh mereka semasa hidup mereka.

4.Berterima Kasih Dan Mendoakannya

Mereka yang saya ziarahi adalah orang-orang yang berjasa bagi banyak orang.Secara langsung atau tidak langsung saya juga pasti menikmati hasil jerih payah para tokoh tersebut.Sudah selayaknya saya berterima kasih atas jasa-jasanya.Salah satu bentuk terima kasih saya adalah dengan mendoakannya.