Jumat, 08 April 2016

Komentar Orang Tentang Orang Lain Yang Suka 'Pamer Ibadah'

Komentar Orang Tentang Orang Lain Yang Suka 'Pamer Ibadah'

Era media sosial,banyak sekali orang yang suka pamer,termasuk juga saya yang berada di dalamnya.Pamer harta,pamer ilmu,pamer amal  ibadah,pamer plesiran,pamer keluarga,pamer teman,pamer makanan dan minuman,pamer lokasi santai,dan lain sebagainya.Salah satu yang mendapat banyak perhatian dari pengguna media sosial adalah orang-orang yang dianggap suka 'memamerkan' perbuatan baik atau amal ibadahnya.

'Pamer ibadah?,iya,kata orang-orang sekarang ini banyak sekali orang-orang yang suka 'pamer ibadah'.Berbagai foto atau kalimat yang menjelaskan tentang seseorang atau kelompok orang yang sedang beribadah.Kalau doto misalnya foto orang yang sedang memberikan sedekah,bertasbih,dan lain sebagainya.Kalau kalimat misalnya seperti kata-kata Alhamdulillah selesai umroh,edisi bagi-bagi sembako,berbagi dengan orang miskin,sholat tahajud dulu ah,menahan lapar dulu sebentar lagi juga buka puasa,dan lain sebagainya.

Bagaimana tanggapan atau reaksi orang-orang pada orang-orang yang dianggap suka pamer tersebut?.Berbagai macam reaksi pastinya bermunculan,ada yang pro maupun kontra,ada yang suka namun ada juga yang tidak suka,ada yang mendukung namun ada juga yang mencela.Semua tanggapan atau reaksi tersebut tergantung pada masing-masing isi  kepala dan hati orang yang menanggapinya.

Kalau saya bagaimana?,kalau saya sih santai saja menanggapinya.Saya berusaha bersikap husnuddzon atau baik sangka saja.Saya berfikiran positif saja bahwa mereka sedang berdakwah atau mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama seperti mereka.Kalau bisa,mampu atau mau saya ikuti amal baik mereka,kalau tak bisa saya tak akan mencela atau menghakimi mereka kalau mereka sedang pamer ibadah karena ria.Naudzubillah mindzalik,lebih baik saya berprasangka baik dari pada berprasangka buruk,karena urusan hati hanya yang punya hati dan Allah swt saja yang tahu isinya.

Dari pada berburuk sangka apalagi hingga mencela atau memfitnah,lebih baik saya mendoakan mereka yang kata orang-orang sedang 'pamer ibadah' tersebut dan juga untuk saya.Berdoa apa?,berdoa agar ibadah mereka diterima oleh Allah swt,berdoa agar semakin banyak orang yang mengikuti jejak mereka dalam melakukan amal ibadah atau kebaikan.Dan yang terpenting adalah berdoa untuk saya sendiri,semoga saya bisa mengikuti jejak mereka dalam melakukan amal ibadah yang sering mereka lakukan.Kan katanya kita harus berlomba-lomba dalam kebaikan,kan katanya kita harus saling nasehat-menasehati satu sama lain.Iya kan?.