Jumat, 12 Februari 2016

Belajar Bertoleransi

Belajar Bertoleransi

Toleransi itu mudah diucapkan namun sangat sulit sekali dilakukan.Makanya toleransi adalah pembelajaran yang berlangsung seumur hidup.Toleransi harus dilakuakn di manapun,kapanpun dan kepada siapapun.Toleransi adalah harga mati agar lita bisa hidup dalam harmoni.

Sejak kecil kita juga harus sudah belajar toleransi.Di keluarga sendiri adalah tempat awal kita belajar bertoleransi.Di lingkungan terkecil ini kita sudah harus belajar bertoleransi dengan kakak,adik atau juga dengan orangtua kita sendiri.Orangtua yang bijak akan mengajarkan cara bertoleransi yang baik kepada anak-anaknya.

Ketika terlepas dari lingkungan keluarga dan bergabung dengan lingkungan yang lebih luas,kita harus terus belajar bertoleransi.Bertoleransi pada orang,juga pada keadaan.Bertoleransi pada kebiasaan juga pada aneka dikiran dan perbuatan.

Setiap orang dari keluarga berbeda akan mempunyai kebiasaan yang berbeda pula.Setiap orang dari latar belakang pendidikan yang berbeda akan mempunyai cara pandang atau fikiran yang berbeda pula.Di sinilah perlunya kita bertoleransi,agar bisa mencapai keharmonisan dalam kehidupan ini.

Setiap suku,kelompok,agama,bangsa,pastilah mempunyai kebiasaan dan tujuan yang berbeda dalam hidupnya.Hanya dengan toleransilah yang bisa membuat semua berjalan beriring bersama-sama.Tak mungkin kita hidup dalam damai,bila hidup tanpa toleransi.

Toleransi adalah pembelajaran seumur hidup,untuk itulah sampai saat ini saya juga masih terus belajar bertoleransi.Belajar bertoleransi atas apa yang berbeda dengan saya dan selama yang saya beri toleransi tidak mendatangkan keeugian bagi pihak lain.

Belajar bertoleransi,itulah yang harus saya lakukan selama saya hidup di dunia ini.