Rabu, 24 Februari 2016

Antara Kebaikan Dan Keburukanku

Antara Kebaikan Dan Keburukanku

Sebagai manusia pasti kita tak luput dari yang namanya benar dan salah,antara baik dan buruk.Bagi orang yang sholeh mungkin akan lebih banyak kebaikan yang diperbuatnya,sementara bagi orang yang durhaka pasti lebih banyak keburukan yang diperbuatnya.Kebaikan dan keburukan akan silih berganti dilakukan oleh orang-orang yang tidak sholeh namun juga bukan orang yang durhaka.

Aku sendiri merasa bukanlah orang yang sholeh yang begitu banyak amal kebaikannya,namun aku juga merasa bukan sebagai seorang yang durhaka yang selalu saja berbuat salah dan dosa.Aku sering berbuat kebaikan,namun tak jarang juga aku berbuat keburukan.Begitulah aku yang tergolong sebagai kaum kebanyakan.

Ada sebagian amal kebaikan yang aku tunjukkan kepada orang,tapi bukan dengan tujuan riya karena ingin dipuji oleh banyak orang.Aku melakukannya agar kebaikan yang aku lakukan bisa diikuti oleh orang lain,dengan kata lain aku melakukannya karena ingin mengajak orang lain berbuat kebaikan,mengajak mereka secara langsung dengan langkah nyata dan tak hanya dengan kata-kata.

Sebagian besar amal burukku sebisa mungkin aku sembunyikan,bukan karena aku takut dicap sebagai orang yang penuh dosa,salah atau hina.Aku menutupi semua amal burukku dari pandangan orang lain karena aku masih mempunyai rasa malu dan tak ingin orang lain mengikuti langkahku.Aku takut jika aku berbuat keburukan lalu perbuatanku itu diikuti oleh orang lain,karena walau aku tak sedang melakukannya maka aku akan tetap mendapatkan dosa dari apa yang orang lain lakukan karena mereka meniru langkahku.

Semoga Allah swt menjauhkanku dari sifat dan sikap riya atau ingin dipuji ketika aku menampakkan sebagain amal ibadahku yang bertujuan mengajak orang lain berbuat kebajikan.Semoga aku bukan termasuk orang-orang yang munafik karena aku suka menyembunyikan aib atau dosa dan kesalahan sendiri,karena semua keburukan yang aku lakukan sebisa mungkin aku se!bunyikan agar perbuatan burukku ini tak ditiru oleh orang lain.

Antara kebaikan dan keburukanku,semoga saja kebaikanku yang akan jauh lebih banyak dari keburukanku.Antara kebaikan dan keburukanku,semoga saja kebaikanku yang akan jauh lebih besar dari keburukanku.Semoga saja Allah swt selalu membawaku pada kebaikan dan menjauhkanku dari keburukan.Amin.