Selasa, 02 Februari 2016

Saat Harus Mengajar Tiga Mata Pelajaran

Saat Harus Mengajar Tiga Mata Pelajaran

Bulan-bulan ini adalah bulan yang begitu sibuk dan melelahkan untuk saya.Bagaimana tidak,belakangan ini saya harus mengajar banyak kelas di sebuah sekolah menengah atas.Semua karena ada guru yang mengundurkan diri di tengah jalan sementara pembelajaran harus tetap berjalan.Karena darurat dan tak sempat mencari guru lain,maka saya diberikan mandat untuk menggantikan guru tersebut mengajar mata pelajaran yang diajarnya,yaitu Sbk.

Akhirnya selain mengajar bahasa Inggris dan Jepang saya mengajar Sbk juga.Jam banyak,kelasnya banyak,beberapa kelas harus berbarengan.Benar-benar melelahkan badan dan fikiran.Tapi semuanya harus saya jalankan.Ini adalah kepercayaan yang begitu besar untuk saya,jadi saya harus menjalaninya dengan sebaik mungkin.

Mengajar tiga mata pelajaran sekaligus bukanlah hal yang gampang,apalagi untuk sekolah menengah tingkat atas.Otak ini harus benar-benar bekerja ekstra keras,mengingat aneka ilmu dan pengetahuan dari satu mata pelajaran ke mata pelajaran lainnya.Baru saja selesai mengajar bahasa Inggris,saya sudah harus berganti mengajar bahasa Jepang dan Sbk.

Walau lelah saya tetap harus bersyukur dan menjalaninya dengan ikhlas.Semua bukan karena uang yang akan saya dapat bertambah,tetapi karena ilmu yang saya miliki bisa saya manfaatkan secara maksimal.Ternyata ilmu yang saya miliki ini akhirnya bisa saya gunakan dengan baik dan bisa bermanfaat untuk banyak orang,sesuatu yang tak pernah saya fikirkan sebelumnya.

Semoga nanti ada guru lain sebagai guru pengganti yang mengundurkan diri,sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik dan tanpa harus kekurangan jam belajar karena gurunya harus mengajar di dua kelas sekaligus.