Senin, 05 Oktober 2015

Wisata Yogyakarta

Wisata Yogyakarta
Kota Pelajar,demikian nama julukan Daerah Istimewa Yogyakarta ini.DIY,demikian nama singkat provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam hal kepemimpinan gubernurnya ini mempunyai banyak kampus dan sekolah yang kualitasnya tidak diragukan lagi.Selain dikenal sebagai kota pelajar,Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata dan budaya.Maklum saja,semua karena di daerah ini banyak sekali terdapat obyek wisata dan masyarakatnyapun dikenal sangat perduli terhadap budaya.
Yogyakarta menawarkan obyek wisata yang  beragam dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.Tak ayal bila masa liburan tiba Yogyakarta selalu dipadati oleh para wisatawan.
Obyek wisata pertama yang bisa dilunjungi adalah Keraton Yogyakarta yang menyimpan aneka benda dan cerita bersejarah di dalamnya.Tak jauh dari keraton terdapat benteng tua.Tak jauh dari kedua tempat ini terdapat sebuah jalan yang sudah terkenal dan selalu ramai dengan para pedagang serta wisatawan yang berwisata.Jalan tersebut adalah Jalan Malioboro.
Keluar dari pusat kota,para wisatawan bisa menikmati obyek wisata yang sejuk dan nyaman yaitu Kali Urang yang berada di kaki Gunung Merapi.Apabila cuaca mendukung dan tidak sedang terjadi letusan gunung,para wisatawan juga bisa mendaki Gunung Merapi atau sekedar naik jip di perbukitan yang terdapat di lereng Merapi.
Obyek wisata lain yang tak kalah menariknya adalah Pantai Parangtritis yang indah namun menyimpan legenda tersendiri tentang kedahsyatan ombak dan penghuninya.Obyek wisata lainnya adalah Gua Pindul,yaitu sebuah gua yang di bawahnya ada aliran  sungai yang bisa dipakai untuk berpetualang oleh para wisatawan dengan menaiki ban yang didorong searah aliran sungai.
Tak jauh dari kota Yogyakarta ada beberapa candi yang pantas dikunjungi oleh para wisatawan,antara lain Candi Prambanan,Candi Mendut juga candi Borobudur yang terletak di Magelang.Yang suka berziarah bisa pergi ke pemakaman Imogiri,yaitu pemakaman untuk para sultan dan keluarganya yang berada di sebuah puncak bukit.
Yang tak kalah menarik adalah wisata kuliner dan kerajinan.Yogyakarta terkenal dengan gudeg dan bakpianya yang enak dan lezat sebagai kuliner andalan yang bisa dinikmati di sana atau dibawa pulang ke rumah.Untuk kerajinan para wisatawan bisa membeli batik,kerajinan gerabah di Kasongan dan kerajian dari perak di Kota Gede.