Jumat, 16 Oktober 2015

Wisata Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta

Jakarta tempo dulu adalah sebuah kota yang maju di zamannya.Jakarta tempo dulu banyak sekali meninggalkan bangunan-bangunan bersejarah yang hingga kini beberapa di antaranya masih terawat dengan baik.

Salah satu lokasi yang banyak terdapat bangunan-bangunan atau gedung-gedung tua adalah kawasan Kota Tua Jakarta,yang lokasinya ada di antara perbatasan antara Jakarta Utara dan Jakarta Barat.Kota Tua Jakarta atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan kotu ini mudah sekali dijangkau.Bahkan busway jurusan Blok M-Kota dan Pluit-Tanjung Priuk langsung melewati kawasan wisata yang terus berbenah ini.

Di Kota Tua kita bisa menemukan aneka bangunan tua yang sudah berumur ratusan tahun namun masih kokoh.Banguna-bangunan tua yang bergaya art deco,baroque dan lain-lain tersebut masih tetap nampak cantik di usianya yang tidak lagi muda.

Apabila kota naikkereta atau busway,kita akan disambut oleh gedung stasiun kota yang indah.Di seberang stasiun kota ini ada sebuah gedung tua yang dijadikan museum oleh sebuah bank pemerintah,yaitu Museum Bank Mandiri.

Masuk lebih dalam lagi kita akan disuguhi bangunan-bangunan tua yang lebih banyak jumlahnya dengan aneka ornamen yang menghiasinya.Di kawasan pusat Kota Tua ini kita akan mendapati sebuah taman luas yang dikelilingi oleh gedung-gedung tua.Salah satu gedung tersebut adalah Museum Jakarta atau Museum Fatahillah yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua.Di dalam Museum Fatahillah ini terdapat aneka benda-benda peningggalan masa lalu,mulai dari masa pra sejarah hingga masa kemerdekaan yang dipajang dengan cukup apik dan menarik.

Tak jauh dari Museum Fatahillah juga ada museum dan bangunan tua lainnya,di antaranya adalah Museum Wayang,Museum Keramik,Museum Bahari dan gedung-gedung tua lain yang dikelola oleh pemerintah dan swasta.

Pada akhir pekan atau hari-hari libur kawasan Kota Tua ini lebih ramai dikunjungi oleh para wisatawan,baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.Berbagai atraksi wisata budaya dan seni juga terkadang diselenggarakan di sini guna untuk menambah daya tarik kawasan wisata Kota Tua.

Areal parkir di kawasan ini cukup memadai,baik untuk kendaraan beroda dua atau beroda empat.Di sini juga terdapat banyak pedagang yang dapat dengan mudah juga ditemui di sini,mulai dari pedagang makanan dan minuman juga pedagang cinderamata khas Kota Tua atau Kota Jakarta.

Jadi kalau ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda,tak ada salahnya kalau kita mengunjungi Kota Tua yang unik,menarik dan indah.Siapkan saja kameranya,karena banyak sekali spot-spot menarik yang ada di kawasan Kota Tua yang akan semakin memperindah media sosial kita.