Sabtu, 17 Oktober 2015

Jalan-Jalan Ke Kebun Binatang Ragunan

Jalan-Jalan Ke Kebun Binatang Ragunan

Bila akhir pekan tak ada kegiatan,tak ada salahnya kalau pergi jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan.Kebun binatang yang mengoleksi satwa dari berbagai macam daerah di Indonesia hingga dari beberapa penjuru dunia ini memang pantas untuk dikunjungi.Tempat yang lumayan bagus dengan harga tiket yang terbilang cukup murah ini memang patut direkomendasikan sekali untuk dikunjungi sendiri atau dengan orang-orang terkasih.

Kebun Binatang Ragunan terletak di Kelurahan Ragunan Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.Tempatnya sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.Tepat di samping kebun binatang ini juga terdapat terminal yang semakin memudahkan bagi pengunjung yang naik kendaraan umum,baik itu bus kota,busway maupun angkot.

Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah untuk saat ini,yaitu Rp 4500,_ untuk dewasa dan Rp 3500,_ untuk anak-anak,rasanya sepadan sekali dengan apa yang kita peroleh setelah kita masuk dan berkeliling kebun binatang ini.

Di Kebun Binatang Ragunan terdapat aneka satwa asli dari Indonesia seperti komodo,orang utan,babi hutan,buaya muara,gajah,kura-kura,harimau,kancil,rusa dan beberapa hewan buas lainnya.Sementara satwa dari luar negeri berupa macan tutul dari Sri Langka,jerapah,kuda zebra dan kuda nil dari afrika hingga onta dari Arabia.

Bagi penggemar ikan di sini juga tersedia aquarium air tawar yang berisi ikan khas Indonesia seperti arwana hingga ikan pemangsa dari sungai Amazon yaitu piranha.Aneka unggas juga dapat ditemui di beberapa kandang terpisah,mulai dari burung merak,burung unta dan lain sebagainya.

Selain menyediakan aneka satwa,pengelola kebun binatang ini juga menyediakan arena permainan yang cocok umtuk anak dan seluruh anggota keluarga seperti mobil atau kereta keliling,becak air,sepeda sewa dan lain sebagainya dengan harga yang cukup murah untuk semua kalangan.

Pedagang makanan,minuman dan cinderamata juga dapat dengan mudah ditemui di tempat-tempat tertentu di luar dan di dalam kebun binatang ini.Dan yang tak boleh dilewatkan meski sekarang sudah masuk era digital adalah tukang foto yang menjajakan foto langsung jadinya yang masih bertahan hingga kini.

Fasilitas untuk para pengunjung juga tersedia banyak dan cukup memadai seperti jalan yang luas,trotoar untuk pejalan kaki,gajebo untuk berteduh,bangku yang tersedia di beberapa lokasi,toilet hingga musholla dan masjid.Beberapa fasilitas memang nampak ada yang rusak,namun sebagian besar masih layak untuk digunakan oleh para pengunjung.

Dengan harga tiket yang terbilang cukup murah dan nilai pendidikan yang ada di dalamnya,rasanya tak salah jika kebun binatang ini sangat direkomendasikan umtuk mengisi akhir pekan atau liburan untuk

pribadi dan keluarga.