Jumat, 02 Oktober 2015

Wisata CiKuMaYu

Wisata Cirebon,Kuningan,Majalengka,Indramayu (CiKuMaYu)

Kotamadya Cirebon,Kabupaten Cirebon,Kuningan,Majalengka,Indramayu alias Cikumayu adalah sebuah kawasan yang berasa di Propinsi Jawa Barat.Kelima wilayah ini sering disingkat dengan sebutan Ciayumajakuning atau Cikumayu.Cikumayu menawarkan aneka obyek wisata menarik yang layak dikunjungi oleh pecinta wisata.Apa saja yang ditawarkan oleh kawasan ini?,berikut ringkasannya.

1.Kota Cirebon

Kota Cirebon menawarkan banyak obyek wisata sejarah yang keberadaannya masih lestari hingga kini.Di kota udang ini para wisatawan bisa mendatangi tiga keraton,yaitu Keraton Kasepuhan,Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.Selain keraton,bangunan bersejarah lainnya yang bisa ditemui adalah Taman Air Gua Sunya Ragi,Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan Masjid Merah Panjunan.Di Cirebon juga banyak terdapat aneka bangunan tua lainnya yang sangat cocok untuk dijadikan obyek foto-foto oleh para penggemar fotografi.

Bagi yang ingin bersenang-senang bersama keluarga,di sini juga terdapat obyek wisata yang menwarkan aneka wahana permainan,yaitu Taman Ade Irma Suryani atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Cirebon Waterland.Di Cirebon Waterland bisa ditemui kolam renang,wahana permainan juga cottage yang terletak di bibir pantai.Tak jauh dari Cirebon Waterland terdapat sebuah pantai yang juga ramai dikunjungi,yaitu Pantai Kejawanan.Bila mengajak anak-anak,tak ada salahnya juga bila wisatawan mengunjungi Hutan Kota Kalijaga yang dihuni oleh kera-kera yang berkeliaran secara bebas.

2.Kabupaten Cirebon

Di kabupaten Cirebon,para wisatawan bisa mengunjungi pemandian air panas di Palimanan,Telaga Remis yang terletak di perbatasan Cirebon  Kuningan,Plangon di Sumber yang dihuni oleh kera-kera yang berkeliaran secara bebas,Taman Kura-kura Belawa yang berisi kura-kura langka atau juga kawasan wisata Gronggong sebelum kuningan yang cukup menarik.

Bagi yang suka wisata sejarah atau ziarah bisa mengunjungi makam Sunan Gunung Jati yang selalu ramai setiap harinya,Makam Mbah Kuwu Cerbon,Mbah Walangsungsang Cirebon Girang,Ki Buyut Trusmi,Nyi Mas Gandasari dan beberapa situs sejarah dan ziarah lainnya.

Kabupaten Cirebon juga dikenal dengan batik trusminya yang unik dan menarik yang berada di kawasan Trusmi Plered,kerajinan gerabah di Sutawinangun dan kerajinan rotan di Tegal Wangi.

Bagi yang mau berwisata kuliner di Cirebon ada nasi jamblang,empal gentong,empal asem,nasi lengko,docang,tahu gejrot dan krupuk melarat.

3.Kabupaten Kuningan

Kuningan yang dikenal sebagai kota kuda merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena tempatnya yang indah dan sejuk,karena daerah ini terletak di kaki Gunung Ciremai.Wisata yang ditawarkan oleh daerah ini sebagian besar berbasis alam.

Tempat wisata yang sudah dikenal antara lain pemandian Cibulan yang dikenal unik karena di sini wisatawan bisa berenang bersama ikan-ikan,pemandian air panas Sangkanurip,Curug Cilengkrang,Curug Sidomba atau pendakian Gunung Ciremai.

Walau dikenal dengan aneka wisata alamnya,Kuningan juga menawarkan wisata lainnya seperti wisata sejarah berupa Gedung Perjanjian Linggar Jati dan Museum Purbakala Cipari.

Bila hendak pulang jangan lupa membeli oleh-oleh berupa tape ketan yang dibungkus daun jambu air dan minuman jeniper alias sirup jeruk nipis peras.

4.Majalengka

Nanti dulu ya..

5.Kabupaten Indramayu

Salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Indramayu adalah Pulau Biawak.Di pulau ini para wisatawan bisa melihat biawak-biawak yang berkeliaran secara bebas,atau bisa juga bermain air dan pasir pantai serta naik ke mercusuar yang ada di pulau ini.Bila tak ingin menyeberang lautan,Pantai Tirtamaya atau Pantai Karang Song bisa menjadi alternatif  lainnya.

Untuk kuliner Indramayu terkenal dengan pedesan entog,rumbah,lotek dan aneka olahan ikan asin seperti ikan jambal roti.Dan yang tak boleh dilupakan adalah mangga Indramayu yang sudah terkenal itu.