Kamis, 08 Oktober 2015

Kalah Set Dengan Murid Jago Nyontek

Kalah Set Dengan Murid Yang Jago Nyontek

Saat sekolah di smp dan sma dulu sekolah saya adalah sekolah Islam.Oleh karena itu,sekolah tempat saya belajar tersebut sangat menjunjung tinggi kejujuran.Untuk urusan contek mencontek rasanya tidak digiatkan sama sekali oleh para murid-muridnya.Semua suka apa adanya dan tak mau mendapatkan nilai dengan cara terlarang.

Ketika saya mulai mengajar di sekolah negeri dan swasta,barulah saya terkejut dengan murid-murid yang saya ajar.Ternyata mereka suka sekali mencontek,bahkan sudah berada di level akut dalam contek mencontek.Tak jarang malah gurunya sendiri yang menyarankan dan memberikan contekan.Hem,sesuatu yang sangat menyedihkan.

Suatu saat ada murid yang saya tegur karena mencontek,tapi dia bilang seperti saya tidak pernah mencontek saja.Dengan tegas saya jelaskan bahwa sekolah saya dulu adalah sekolah yang mengharamkan mencontek.Di saat yang lain ketika saya mengawasi dengan ketat mereka berdo'a secara bercanda(bahkan ada yang menuliskannya di media sosial),semoga bukan saya yang mengawasi mereka.Ketika saya mengawasi mereka dengan ketat dan mereka merasa kesulitan,di situ saya merasa senang,karena berarti pengawasan saya berhasil.

Ketika mengawasi para murid yang sedang mengerjakan tugas atau ujian,saya sebagai guru culun ini selalu kalah set dibandingkan mereka.Mereka jauh berada di depan saya,hingga membuat saya kelimpungan dibuatnya.Karena hal itu saya selalu mengawasi mereka dengan lebih ketat.Mata,telinga,kaki,tangan hingga otak ini tak henti bergerak mengawasi mereka agar tidak mencontek.Walau tidak sepenuhnya berhasil,minimal saya bisa meminimalisir atau membuat mereka sedikit kesusahan mencontek.

Berikut adalah gaya mencontek murid-murid yamg saya ketahui :
1.Mandiri

Menulis kebetan atau catatan di kertas,meja,menulis isi di alas untuk papan ljk,dinding,gambar, topi,baju,celana atau rok.Terkadang mereka juga menaruh buku di kolong meja.Aabila pengawas lengah,mereka akan dengan leluasa mencontek.Sesuai dengan kemajuan teknologi,terkasang mereka menggunakan hp.

2.Melihat teman

Terkadang teman yang tidak mau memberikan contekan akan dibully,tidak ditemani,dimarahi atau diperlakukan yang tidak sesuai dengan kebiasaan.Oleh karena itu mencontek sesama teman juga marak dilakukan.Cara mencontek dari teman bisa dilakukan dengan bertanya jawab langsung,melihat hasil kerja teman,melalui kode tangan,kerlingan mata dan lain-lain.

Itulah beberapa cara contek mencontek yamg berhasil saya ketahui dan saya temukan saat mengajar dan mengawasi para murid di kelas.