Rabu, 02 Desember 2015

Yang Nyontek,Jomblo Seumur Hidup

Yang Nyontek,Jomblo Seumur Hidup

Kata siapa jadi guru itu pekerjaan yang mudah?.Kalau ada yang bilang menjadi guru adalah pekerjaan yang mudah itu pasti bukan saya.Karena menurut saya menjadi guru itu bukan pekerjaan yang mudah.Swear takewer-kewer.Kalau tidak percaya coba saja.Apalagi kalau jadi gurunya adalah guru honorer yang gajinya tidak seberapa,seperti saya ini.

Guru itu harus mempunyai otak cemerlang,mempunyai beribu cara untuk menyelesaikan aneka masalah yang dihadapinya,dan harus kuat,sabar serta ikhlas dalam menjalani pekerjaan yang penuh tantangan ini.Kalau tanpa itu semua pasti akan semakin sulit menjalani profesi yang mulia ini.

Salah satu persoalan yang harus dihadapi adalah saat menghadapi murid-murid yang suka nyontek,apalagi kebiasaan nyonteknya itu dilakukan secara berjamaah.Mau dibiarkan akibatnya tidak baik dan merugikan mereka sendiri.Kalaupun ingin mencegahnya juga membutuhkan energi yang tidak sedikit.Bayangkan saja,dalam satu kelas ada berapa orang yang harus dihadapi dan diawasi oleh dua mata ini.

Agar murid tak mencontek biasanya saya memberikan pengetahuan tentang sifat jujur dan meminta mereka untuk belajar jujur.Berhasil?,tentu saja berhasil tapi tidak bisa seratus persen pencapaiannya,karena ada saja siswa yang mencontek.Walaunsudah mengawasi secara ketat,selalu saja ada yang luput dari pengawasa.Maklum saja mereka sangat lihai dari dalam mencontek.Tapi syukurlah,tidak semua murid seperti itu,hanya beberapa saja sementara yang jujur juga banyak sekali.

Suatu hari saya punya ide di mana saya membuat pernyataan yang lucu tapi menakutkan untuk para siswa.Apa pernyataan tersebut?,yaitu apabila mencontek maka semoga mereka jadi jomblo seumur hidup.Mendengar pernyataan saya tersebut anak-anak tentu saja tidak menyukainya.Dengan lantang sambil tertawa terbahak-bahak anak-anak murid itu menolak pernyataan saya.Namun apa boleh buat,pernyataan saya ini berlaku untuk mata pelajaran yang saya ajar dan juga untuk anak-anak yang saya awasi.

Siapa yang nyontek maka dia akan jadi jomblo seumur hidup.Ada yang berani mencontek?.