Sabtu, 05 Desember 2015

Arti Guru Culun (Cerdas,Ulet,Lantang,Unik dan Nyentrik)

Arti Guru Culun (Cerdas,Ulet,Lantang,Unik dan Nyentrik)

Ketika murid,guru,teman atau orang lain bilang saya culun,saya tidak akan marah dan tak akan juga jadi masalah.Karena wajah saya memang tidak bisa diubah,karena inilah saya apa adanya.Saya memang guru culun alias guru yang c erdas,u ulet,l lantang,u unik,dan n nyentrik.He he,itulah saya,walau dibilang culun tetap kreatif.

Culun.Yang c itu memang untuk kata cerdas.Ya iyalah,mana ada guru yang tidak cerdas.Pastinya saya juga termasuk orang yang cerdas.Kalau saya tidak cerdas mana mungkin saya bisa menjadi guru di beberapa lembaga pendidikan,mulai sekolah dasar,sekolah menengah pertama,sekolah menengah atas,tempat kursus,les-les,akademi hingga perguruan tinggi.Dari mengajar anak tk hingga lulusan S3.

C nya sebenarnya bisa juga untuk kata cakep.Tapi kalau saya bilang cakep takut banyak yang komplain,maklum saja jerawat saya banyak sekali.Datang dan pergi silih berganti.Tapi walau tidak begitu cakep banyak juga loh yang ngefans sama saya (he he,kalau ini sepertinya perasaan saya saja).

U adalah untuk kata ulet.Ya,setelah menjadi guru saya menjadi orang yang ulet.Contohnya adalah saya tetap menekuni pekerjaan sebagai guru ini mulai dari gaji yang sangat kecil,padahal kalau saya mau saya ini masih bisa menghasilkan uang yang lebih banyak lagi bila bekerja di bidang pekerjaan lainnya.Ketika bekerja saya juga termasuk teliti dan pantang menyerah dan terbukti mampu bertahan lama sebagai guru.

L itu untuk kata lantang,bukan lancang ya.Lantang di sini berarti saya suka menyuarakan kebenaran dengan lantang kepada siapapun,kapanpun dan di manapun.Ya,saya ingin menjadi orang yang benar dalam setiap hal,bukan merasa benar,tapi benar-benar benar.Beberapa contoh adalah saya suka sekali mengingatkan diri sendiri dan orang lain untuk jujur dan tulus.Karena hal ini murid-murid yang malas atau suka nyontek sepertinya paling benci dengan saya.Selain itu kalau ada hal yang bertentangan dengan nilai-nilai kebenaran saya akan berjuang melawannya atau meninggalkannya bila itu terjadi pada saya.

U selanjutnya adalah untuk kata unik.Unik dalam hal apa?,tentu saja dalam banyak hal.Saya selalu ingin yang berbeda yang penting tidak merugikan dan menjadi masalah bagi orang lain.Saya memang orang yang anti mainstream.Menjadi unik alias berbeda dengan orang yang lain itu benar-benar mengasyikkan.Kita bisa jadi diri sendiri dan tidak melulu meniru orang lain.Unik dalam berfikir,unik dalam bertindak dan berbuat,juga unik dalam banyak hal.Yang penting tidak aneh atau membuat orang lain jengah dibuatnya.

Nyentrik,itu adalah kata untuk huruf n yang ada di kata culun.Banyak orang bilang saya ini nyentrik dan saya mengamininya karena saya merasa saya memang nyentrik.Saya merasa nyentrik baik dari segi penampilan juga dalam kehidupan sehari-hari.Saya itu paling tidak mau meniru-niru orang lain apalagi mencoba menjadi diri orang lain.Dalam banyak hal saya suka yang saya suka dan tidak suka dengan yang saya tidak suka.Tuh kan,dari kata-kata yamg saya pilih saja saya nyentrikkan?.

Guru culun?,itulah saya.Tapi culun bukan berarti bodoh karena otak saya cerdas.Ingat ya,saya itu guru bahasa Inggris,Jepang dan Arab.Guru musik pencet alias piano,keyboard dan organ.Guru aneka mata pelajaran sd,smp,dan sma.Culun bukan berarti norak seperti yamg ada di sinetron atau film-film yang suka melecehkan profeai guru.Saya tetap tampil elegan,cakep dan bisa menyesuaikan diri dengan dengan situasi dan kondisi.He he,maaf ya,ini bukan berarti saya menyombongkan diri.Saya hanya ingin memberi tahu pada orang-orang agar tidak menilai orang lain dari penampilan luarnya saja.Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang,tak kenal makanya bisa salah menilai.