Sabtu, 05 Desember 2015

Guru Penggila Gadget Dan Internet

Guru Penggila Gadget Dan Internet

Semenjak berumur 23 tahunan,saya itu sudah menggemari yang namanya internet.Saat itu di tahun 1999 internet masih terbilang jarang ditemukan.Kalaupun ingin bermain internet maka harus datang ke plaza atau mal,kampus atau lembaga pendidikan tertentu.Karena jarangnya internet dan belum akrabnya internet dengan masyarakat umum,maka saya harus mengikuti kursus terlebih dahulu untuk bisa berselancar di dunia maya.

Masih lekat di ingatan,saat itu saya harus mengikuti kursus internet di sebuah lembaga pendidikan yang ada di kawasan Pondok Gede.Tak lama,hanya tiga hari selesai.Yang dipelajaripun cuma bagaimana cara bisa berselancar di internet,mengirim dan menerima email dan ngobrol di chat room.Saat itu rasanya bangga sekali bisa berselancar di dunia maya,karena saat itu memang masih terbilang jarang dan tidak seperti sekarang yang bisa bermain internet di mana saja dan kapan saja.Isi internetnya juga belum secanggih sekarang,yang ada hanya chat room,email dan alamat webnya yang harus diketikkan ketika kita akan mencari suatu berita atau lainnya.Tak ada yamg namanya mesin pencari seperti sekarang.

Kalau mau main internet biasanya saya harus pergi ke mall atau plaza.Salah satu tempat ngenet favorit saya adalah Plaza Blok M.Tempatnya nyaman dan bersih dengan komputer yang banyak dan tak harus antri lama seperti tempat ngenet lainnya.Antri?,betul,saat itu kalau mau berinternet ria ya harus antri.Selain antri harga perjamnya juga lumayan mahal.Pada tahun 1999 itu saya harus merogoh kocek sebesar 6 ribu rupiah.Untuk saat itu jumlah uang sebesar itu terbilang  sangat mahal,sepertinya nambah 6 hingga 9 ribu saja bisa pergi ke Bandung.

Saat itu saya juga sudah mulai gila internet.Tapi karena harganya mahal terpaksa saya hanya bermain sekali atau dua kali dalam seminggu.Bukan apa-apa,uang hasil kerja bisa-bisa habis cuma buat ngenet saja.

Lain dulu lain sekarang.Kalau dulu akses internet teramat susah dan mahal,kalau sekarang akses internet terbilang mudah dan muraaaaaah sekali.Kita juga tak harus melakukannya di warnet atau komputer pribadi yang cuma bisa dinikmati di satu tempat saja.Sekarang ini dari hp dan gadget lainnya kita bisa berinternet ria,sesuatu yang sangat menyenangkan untuk saya yang sudah tergolong gila internet.

Kegilaan saya berinternet ria ini tetap berlanjut.Kalau libur kerja saja sehari semalam saya bisa berinternet ria lebih dari lima jam.Bahkan kalau dihitung-hitung saat libur itu terkadang saya bisa sampai sepuluh jam bermain internet.Itu apabila pas libur saya tidak pergi rekreasi atau menghadiri acara lain yang mengahruskan saya bertemu dengan banyak orang.

Bila hari kerja saya juga tak bisa lepas dari yang namanya gadget dan internet.Saya biasa melakukan kegiatan ngenet di tengah-tengah kesibukan saya mengajar.Untunglah walau saya ini termasuk penggila gadget dan internet saya tetap bisa menjalankan tugas saya sebagai guru dengan baik dan benar.Walau termasuk penggila gadget dan internet tak pernah sekalipun saya bermain internet saat mengajar,kecuali memang sedang mengharuskan berselancar di dunia maya,seperti saat harus mencari bahan ajar,referensi dan lain sebagainya yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

Rasanya saya tak bisa hidup tanpa internet.Di sekolah tempat saya mengajar saja saya tak bisa lepas dari yang namanya internet.Saat istirahat atau waktu kosong dari kegiatan mengajar biasanya saya lebih suka bermain internet.Bila yang lain mengobrol dengan teman-teman saat ada waktu luang,kalau saya lebih suka berinternet ria dan hanya mendengar obrolan mereka saja.Hanya sesekali saya ikut nimbrung dan menimpali obrolan dengan teman-teman mengajar,itupun kalau obrolannya terbilang menarik untuk saya.Kalau tidak menarik ya saya lebih suka membenamkan diri dalam dunia maya yang sungguh menggoda ini.

Saya memang termasuk guru penggila gadget dan internet.Tapi untunglah saya bisa menggunakan gadget dan internet untuk keperluan yang baik,bukan untuk keperluan yang tidak baik.Selain itu saya juga bisa mengatur waktu dengan baik,sehingga tak ada waktu yang saya habiskan dengan percuma.