Kamis, 03 Maret 2016

Guru Juga Harus Mau Dan Berani Meminta Maaf

Guru Juga Harus Mau Dan Berani Meminta Maaf

Guru juga seperti manusia lainnya,yaitu tempatnya salah dan dosa.Jadi sebagai seorang guru pasti tak akan lepas dari yang namanya perbuatan salah dan dosa,baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun kepada sesama makhluk ciptaanNya.Kesalahan yang disengaja maupun tak disengaja selalu saja terjadi.Itulah yang saya rasakan sebagai seorang guru.

Kesalahan disengaja yang saya perbuat mungkin akan saya rasakan dan saya sadari.Dari kesalahan tersebut saya bisa sesegera mungkin akan meminta maaf kepada Tuhan atau kepada orang yang pernah saya sakiti.Kesalahan yang tak disengaja seringkali tidak saya sadari,padahal seringkali membuat orang atau juga makhluk lain menjadi sakit hati.

Kalau kesalahan yang tidak saya sadari adalah kesalahan terhadap Tuhan,mungkin saya bisa langsung meminta ampunan dengan cara bertobat atau membaca istighfar memohon ampun kepadaNya.Insya Allah,dengan kemurahan hati dan kemahapengampunanNya segala kesalahan saya bisa segera dimaafkan.Bila kesalahan yang saya perbuat tersebut adalah kesalahan yang saya perbuat kepada orang atau makhluk lain,maka mau tidak mau saya harus meminta maaf kepada mereka.

Sebagai seorang guru saya pasti punya banyak sekali kesalahan,khususnya kesalahan yang saya lakukan kepada murid-murid saya.Untuk itulah setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran biasanya  saya selalu menutup pertemuan pembelajaran dengan cara meminta maaf kepada mereka.Guru juga harus mau dan berani meminta maaf,karena guru juga manusia.Sedangkan kita tahu jika manusia itu tak akan lepas dari yang namanya salah dan dosa,termasuk kepada para murid-muridnya.