Kamis, 12 Mei 2016

Tangan Di Atas Lebih Baik Dari Tangan Di Bawah

Tangan Di Atas Lebih Baik Dari Tangan Di Bawah

Memberi adalah sebuah tuntutan yang diperintahkan oleh Allah swt,sedangkan meminta adalah suatu hal yang sangat tidak dianjurkan oleh Allah swt.Di dalam hadis Nabi Muhammad juga dijelaskan tentang baiknya orang yang memberi dibandingkan orang yang meminta,yang dianalogikan sebagai tangan yang di atas (pemberi) dan tangan yang di bawah (yang diberi/ yang mminta-minta).

Dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak akan terlepas dari yang namanya memberi dan menerima.Kalau memberi,memberilah dengan ikhlas.Kalau menerima,menerimalah dengan ikhlas juga.Kalau meminta?,kalau meminta ya seperlunya saja,memintalah sesuatu ketika kita memang benar-benar tak punya atau tak mampu sementara kita betul-betul sangat membutuhkannya.Kalau punya dan mampu,kenapa harus meminta?.

Karena ingat hadis ini,makanya saya jarang meminta kepada orang lain dan sebisa mungkin saya memenuhi kebutuhan saya sendiri hingga ke perihal yang sekecil-kecilnya.Kalau meminta,paling sering ya meminta pada ayah dan ibu saya,atau terkadang sama adik atau kakak,itupun kalau saya sedang benar-benar membutuhkannya dan tidak ada jalan lain selain meminta.Dan saat memintapun saya tak mau meminta dalam jumlah yang banyak,seperlunya saja,sesuai kebutuhan yang sangat dibutuhkan saat mendesak itu.

Tak meminta-minta dalam memenuhi kebutuhan ini saya terapkan sekali dalam kehidupan saya.Saat ingin membuat yayasan,perpustakaan atau kegiatan lainnya,sebisa mungkin saya juga tidak mau meminta-minta.Alhamdulillah,walau tak meminta-minta,akhirnya saya bisa juga mewujudkan cita-cita saya.Walau harus bersusah-susah dulu,akhirnya banyak cita-cita yang terwujud.

Saat menyadari bila apa yang telah kita lakukan atau kita korbankan itu bisa kita wujudkan menjadi apa yang seperti kita harapkan,rasanya pasti akan senang sekali.Lebih-lebih bila apa yang kita lakukan itu adalah hasil jerih payah dan dari keringat sendiri tanpa harus meminta-minta dari orang lain,senangnyapun berkali-kali lipat.Kalau tak bisa memberi yang penting tidak suka-meminta-minta.Syukur-syukur bisa memberi tanpa harus meminta-minta.

Tangan di atas memang lebih baik dari tangan di bawah.Jadi kalau masih bisa dipenuhi sendiri,mengapa harus meminta pada orang lain?.