Sabtu, 14 Mei 2016

Belajar Menahan Amarah

Belajar Menahan Amarah

Marah itu datangnya dari syetan,marah itu ibarat api.Marah yang tak terkendali bisa membuat orang yang mengalaminya bisa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,hal-hal berbahaya,bahkan hal-hal yang merugikan baik untuk orang lain maupun untuk dirinya sendiri.

Dalam sebuah hadist dijelaskan jika marah memang sangat berbahaya jika tidak bisa mengelolanya.Di dalam hadis tersebut dijelaskan bagaimana kita bersikap bila marah sedang menguasai jiwa.Apabila sedang marah dianjurkan untuk membaca istighfar atau taawudz,bila masih marah maka ambillah wudhu.Teti jika masih marah juga maka sebaiknya kita melanjutkan membaca Al Qur'an atau sholat agar amarah segera mereda.

Jika marah,tidak semua orang sempat ingat atau bahkan tidak mau melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh Rosulullah saw.Tak sedikit orang yang cenderung meluapkan amarahnya,hingga tak jarang menimbulkan aneka masalah yang mengikutinya.Bahkan terkadang masalah yamg ditimbulkan justru lebih besar dan berbahaya dari masalah sebelumnya.

Menahan amarah itu perlu belajar dan belajarnya harus dimulai dari kecil.Belajar menahan amarah adalah belajar sepanjang waktu selama nyawa masih dikandung badan.Hampir setiap hari kita pasti dihadapakan pada aneka masalah yang membuat kita marah.Kalau tak bisa mengendalikannya bisa-bisa fatal akibatnya.

Saat sedang sendiri atau bersama orang lain,marah selalu saja datang menghampiri dan tak kenal kompromi.Sebenarnya marah tidak dilarang asal tepat waktunya dan tak berlebihan dalam meluapkannya.Kalau terlalu sering marah akan berbahaya,tapi kalau tak pernah marah juga bisa berbahaya.Semua karena memang ada hal-hal di mana kita harus marah.

Sebagai seorang manusia saya juga tak luput dari yang namanya marah.Sering kali saat marah saya juga berlebihan dalam meluapkannya.Hal inilah yang akhirnya saya sesali.Mengapa saya harus  marah?,mengapa saya berlebihan dalam saat marah?.

Semoga saja kita bisa mengendalikan amrah kita,sehingga tidak ada hal-hal yang bisa merugikan dan menyakitkan bagi kita maupun orang lain.