Sabtu, 14 Mei 2016

Bahagia Itu Berbeda-Beda

Bahagia Itu Berbeda-Beda

Benarkah bahagia itu berbeda-beda jenisnya?,benarkah setiap orang itu mempunyai bahagia yang berbeda dalam hidupnya?.Kalau menurut saya sih iya dan semua tergantung kembali kepada orang-perorang tersebut.Antara satu orang dengan yang lainnya pasti berbeda dalam hal yang menyebabkan dironya bahagia saat hidup di dunia ini.

Ada orang yang bahagia karena ilmu,maka dia akan menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menuntut ilmu.Terkadang dia tak sayang dalam mengeluarkan harta bendanya demi memperoleh aneka ilmu.Apapu akan dilakukan agar ilmu bisa didapat,karena ilmu telah membuatnya merasa bahagia.

Ada orang yang bahagia karena harta,maka dia akan menghabiskan sebagian besarnya untuk mengumpulkan harta kekayaan,membangun rumah atau istana megah,membeli kendaraan mewah,mengumpulkan aneka perhiasan dan barang berharga,menabung harta dalam jumlah besar,melebarkan sayap usaha ke mana-mana dan lain sebagainya. Terkadang orang seperti ini akan mnghabiskan banyak waktunya untuk mencari harta,tak jarang juga orang yang melakukan hal-hal terlarang untuk mencapai harta benda yang diinginkannya.

Ada orang yang bahagia karena kekuasaan atau jabatan.Maka dia akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk meraih kekuasaan atau jabatan tersebut,semua karena agar dia bisa berkuasa secara luas dan bisa memproleh jabatan tinggi.Terkadang orang-orang seperti ini sampai mau melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama,bahkan tak jarang yang sampai merugikan sesama.

Ada orang yang bahagia dengan kepandaiannya,ada orang yang bahagia dengan kebodohanya,ada orang yang bahagia dengan kemiskinanya,ada juga orang yang bahagia saat hidup ala kadarnya.Ada orang yang bahagia dengan wajah rupawan,ada orang yang bahagia hidup terkenal,ada orang yang bahagia dengan berpesta pora,ada orang yang bahgia dengan berkeliling ke tempat-tempat yang indah,ada orang yang bahagia melihat orang bahagia,ada juga orang yang bahagia melihat orang susah,dan sederet bahagia-bahagia lainnya.

Bahagia itu memang berbeda-beda,berbeda jenisnya,berbeda  caranya,berbeda memperolehnya,berbeda sumbernya,berbeda rasanya,dan berbeda pula jalan untuk mewujudkannya.Dan saya,saya adalah orang yang termasuk bisa bahagia kalau saya pintar,banyak harta,punya kuasa,punya segala yang diinginkan,dan bahagia karena al-hal lain yamg ada dindunia ini,yang tak pernah merasa tercukupi dan dicukupi.Hingga akhirnya hampir saja saya melupakan Tuhan Semseta Alam,Allah swt.

Ya Allah,ternyata bahagia itu sederhana dan bisa diperoleh oleh siapa saja dengan cara mencintaiMu.MencintaiMu dengan sepenuh hati adalah bahagia yang nyata.Tapi sayang,belum juga saya bisa mencintaiMu dengan sepenuh hati.Masih saja saya mencari bahagia yang lain,bahagia yang bersifat duniawi,bukannya mencintaiMu dengan setulus hati.