Sabtu, 14 November 2015

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda
Minggu ini saya menyempatkan diri berkunjung ke sebuah museum yang letaknya tak jauh dari Pasar Senen,Jakarta Pusat,yaitu Museum Sumpah Pemuda.Museum ini terletak di Jalan Kramat Raya no.106,berdampingan dengan hotel,kampus dan bangunan tinggi lainnya,hingga gedung tua bersejarah ini nyaris tak menarik perhatain orang yang berlalu lalang melewatinya.
Di depan pintu gerbang utama,dua satpam menjaga gedung ini dan sesekali melayani tamu yang berkunjung,menggantikan petugas penerima tamu yang berjaga yang kebetulan ada keperluan lain.Ketika akan masuk pengunjung akan disodori tiket masuk yang sangat murah,yaitu hanya Rp 2000,- saja.Sambil menyodorkan tiket,petugas juga memberikan brosur dan majalah yang berkaitan dengan Museum Sumpah Pemuda.
Di depan gedung Sumpah Pemuda ini terdapat beberapa patung.Memasuki bagian dalam gedung ini,pengunjung juga disambut oleh beberapa manequin yang ada di ruang depan.Dari luar selintas seperti orang sungguhan.Di ruang depan ini terdapat manequin yang sedang berdiri dan duduk,terlihat sedang me!baca sambil bersiskusi.Sementara di dinding terdapat foto-foto kota Jakarta tempo dulu.
Masuk lebih dalam lagi,terdapat beberapa benda yang dulu pernah digunakan.Di dinding terdapat foto dan tulisan yang menjelaskan tentang Sumpah Pemuda.Di ruang tengahnjuganterdapat manequin yang menggambarkan suasana rapat yang diikuti oelh beberapa orang,dengan seorang yang sedang memainkan biola.
Di bagian lain,terdapat sebuah biola peninggalan dari W.R Supratman,seorang komposer yang telah menciptakaan lagu kebangsaan Indonesia Raya.Beberapa penjelasan tentang W.R.Supratman beserta lagu dan biola bersejarah itu juga terdapat di dindingnya.
Gedung Museum Sumpah Pemuda ini tidak terlalu besar,jadi tak perlu waktu lama untuk menjelajahinya.Gedungnya nyaman,bersih dan sejuk.Sayangnya beberapa peralatan penunjang museum seperti komputer yang bisa menjelaskan tentang museum dan sejarah sumpah pemuda itu sedang tidak aktif,jadi informasi yang didapat hanyamberasal dari brosur dan majalah yamg diberikan,juga dari tulisan yang berada di dinding gedung ini.
Selamat berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda,semoga semangat para pejuang dan pahlawan bangsa selalu menghiasi hari-hari kita.