Selasa, 24 November 2015

Cara Mendirikan Perpustakaan (Rumah Baca/Taman Baca)

Cara Mendirikan Perpustakaan (Rumah Baca/Taman Baca)

Ingin membuat atau mendirikan perpustakaan yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan rumah baca atau taman baca?.Kalau ya,ini dia beberapa tahap yang harus dilakukan ketika akan mendirikan perpustakaan.

1.Siapkan tempat yang akan digunakan sebagai perpustakaan dan buatlah ruangan senyaman mungkin.
2.Tata ruangan dengan baik dan jaga kebersihan ruangannya.
3.Agar lebih menarik,ruangan perpustakaan bisa juga diberi aneka hiasan di bagian tertentunya,seperti di pinggir,sudut atau di dinding ruangan.
4.Data dan kumpulkan aneka bahan bacaan yang akan mengisi perpustakaan.Apabila dimungkinkan beri label atau nomer pada semua bahan bacaan sesuai standar perpustakaan.
5.Kelompokkan bahan bacaan berdasarkan jenisnya,mulai dari buku,majalah,koran,tabloid,kliping,audio visual, dan lain sebagainya.Bisa juga berdasarkan usia mulai anak-anak,remaja dan dewasa.
6.Taruh bahan bacaan di rak sesuai dengan jenis dan kategori bahan bacanya,misalnya kelompok buku agama,politik,budaya,seni,fiksi,ilmiah dan lain sebagainya.Hal ini dimaksudkan agar bahan bacaan lebih teratur,mudah dicari dan ditemukan oleh para pembaca.
7.Apabila bahan bacaan bisa dipinjamkan,buatlah buku catatan untuk mencatat buku yang keluar dan masuk.Agar lebih teratur buatlah kartu anggota.
8.Promosikan keberadaan perpustakaan agar diketahui banyak orang sehingga yang datang berkunjung juga akan banyak.
9.Untuk lebih menarik para pengunjung bisa juga diadakan aneka kegiatan pendukung lainnya,misalnya menonton bersama,mengadakan aneka lomba,mengadakan pelatihan atau kursus,dan lain sebagainya.

Demikian sekilas cara mendirikan dan mengelola perpustakaan secara sederhana.Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca.