Senin, 09 November 2015

Guru Culun Mengikuti Pelatihan

Guru Culun Mengikuti Pelatihan

Pelatihan,adalah kata yang sangat akrab bagi para guru,termasuk juga untuk saya,guru culun yang cakepnya sudah beredar di banyak tempat.Hampr tiap tahu selalu ada saja pelatihan yang harus diikuti,entah itu pelatihan yang diadakan di sekolah sendiri alias iht atau in house training,atau juga pelatihan yangbdiadakan di tempat lain seperti di gedung dinas,hotel atau villa.

Pada awal mengajar saya merasa senang sekali ketika mengikuti pelatihan yang diadakan di sekolah.Saya merasa beruntung sekali karena mendapatkan aneka aneka ilmu pengetahuan terbaru dalam mengajar.Maklum saja,saat itu sayakan sebagai guru pemula yang haus akan ilmu pengetahuan.Beberapa pelatihan saya ikuti dengan antusias.Ketika mendapat kesempatan untuk memgikuti pelatihan tersebut,dengan senang dan sungguh-sungguh saya mengikutinya.

Setelah beberapa tahun menjadi guru,lama-lama akhirnya saya malas juga kalau harus mengikuti pelatihan.Maklum saja,isi pelatihannya itu-itu saja dan tak ada sesuatu yang baru.Kalau boleh memilih,saya lebih memilih tidak mengikuti pelatihan saja.Tapi kalau sebagai suatu keharusan yang harus diikuti,mau tidak mau saya harus mengikutinya juga.

Kalau harus mengikuti pelatihan yang materinya itu-itu saja alias sudah dikuasai,siapa yang tidak bosan?.Untuk itulah saya mengikuti apa yang dilakukan oleh teman-teman lainnya,yaitu melakukan kegiatan lainnya.Kalau teman-teman saya biasa bermain game atau bbman.Kalau saya biasa ber fb ria,twitter atau medsos lainnya.Salah satu kegiatan yang agak berbeda ya ngeblog seperti yang saya lakukan saat ini.

Agar aman saat bermedsos,saya biasanya memilih tempat duduk yang ada di belakang.Selain tak terlalu mencolok,biasanya yang memberi materi atau trainernya juga tak akan banyak bertanya pada orang-orang yang duduk di belakang.Bermedsospun jadi aman.

Kali ini saya juga sedang mengikuti pelatihan yang diadakan oleh dinas pendidikan.Karena lokasinya di hotel,saya iyakan saja kalau saya mau mengikuti pelatihan ini.Kalau mau nginap dan menikmati fasilitas di hotel atau villakan tidak murah untuk ukuran guru honorer seperrti saya.Jadi ketika ada tawaran untuk mengikuti pelatihan di luar sekolah seperti di hotel atau villa,saya pasti mengiyakannya.Lumayan buat refresing di tempat yang nyaman dengan biaya gratis.Pelatihannya?,walau membosankan tetap saya ikuti dengan baik kok,kan saya guru yang bertanggunag jawab.