Rabu, 11 November 2015

Guru Culun Yang Suka Jalan-Jalan

Guru Culun Yang Suka Jalan-Jalan

Dari kecil saya itu termasuk orang yang suka jalan-jalan,ke mana saja,yang penting jalan-jalan.Mau jalan kaki,naik sepeda,naik motor,mobil,kapal,hingga pesawat.Jalan-jalan itu menyenangkan dan menyehatkan.Jalan-jalan itu tak harus selalu mahal,murahpun tidak apa-apa asal bisa membuat senang dan bahagia.

Saat kecil jalan-jalan saya itu lokasinya terbatas dan hanya lima kota yang pernah saya kunjungi.Selain Cirebon,ada kota Indramayu,Garut,Brebes dan Jakarta.Itupun hanya jalan-jalan karena berkunjung ke rumah saudara saja,bukan jalan-jalan ke tempat wisata.

Setelah besar,saya melakukan banyak perjalanan.Hampir semua kota di Jawa dan Bali pernah saya singgahi.Kalaupun tidak mengunjungi tempat wisatanya,yang penting saya pernah mengunjungi kota yang berbeda.Hal ini membuat saya merasa begitu bahagia.Setelah menjadi gurupun kebiasaan jalan-jalan saya itu tetap saya lakukan.Biasanya saya melakukan perjalanan wisata di akhir minggu atau di hari libur sekolah.

Jalan-jalan itu tak harus mahal.Terkadang kalau sedang tidak punya uang tetapi ingin jalan-jalan,saya melakukannya dengan cara pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dan hanya membutuhkan sedikit ongkos.Walau demikian tetap saja membuat hati ini merasa senang.

Ketika sekolah mengadakan agenda perjalanan,saya adalah orang pertama yang langsung mengiyakannya,asal biayanya tidak terlalu mahal.Syukur-syukur gratis.Kalau gratis saya pasti menyambutnya dengan riang,asal tidak mengganggu jadwal saya mengajar di seko
ah lain.Soalnya saya pernah diajak jalan-jalan ke Taman Safari Bogor tetapi saya menolaknya.Kenapa?,semua karena saat itu saya pas ada jadwal mengajar di sekolah lain.He he,gini-gini saya jugakan termasuk guru yang baik dan bertanggung jawab.

Terkadang saya juga mengajak atau memprovokasi agar guru atau teman-teman yang lain mau melakukan perjalanan.Kalau teman yang akrab dengan saya biasanya mau,karena jalan-jalan bersama saya itu pasti dijamin seru.

Jalan-jalan selamanya akan selalu saya lakukan selama hayat masih di kandung badan,selama saya masih sehat dan mempunyai kesempatan.Ya,semua karena guru culun yang satu ini sangat suka jalan-jalan.Motto saya adalah karena hidup adalah sebuah perjalanan,makanya saya suka jalan-jalan.